Peningkatan Daya Saing, Pemkab Banjar Gelar Workshop Inovasi Daerah

Kertak Hanyar, InfoPublik - Dalam rangka penguatan serta peningkatan daya saing daerah melalui inovasi, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) menggelar kegiatan Workshop Inovasi Daerah, di Hotel Treepark Kabupaten Banjar, Rabu (14/6/2023) pagi.

Kegiatan dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Mada Taruna, mewakili Bupati Banjar, dihadiri inovator Kabupaten Banjar yang terdiri dari perangkat daerah, Desa dan pelaku usaha Kabupaten Banjar, serta narasumber dari Kemendagri RI Wellem Bendektus Abarua dan dari BRIN Suripto.

Dalam sambutan, Bupati Banjar mengatakan saat ini inovasi daerah tengah menjadi sorotan dan menjadi salah satu indikator setiap penilaian pemberian penghargaan maupun award, baik oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi.

“Inovasi daerah diharapkan mampu mendukung tercapainya Major Project di Kabupaten Banjar sehingga tercapai visi misi Kabupaten Banjar, maju mandiri dan agamis," ujar Mada.

Inovasi tidak hanya harus berkualitas namun juga harus berdampak baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat sehingga kita bisa memudahkan namun juga bisa mendekatkan akses pelayanan tersebut kepada masyarakat.

Mada mengharapkan kedepannya inovasi dilakukan  dalam konteks besar yaitu satu inovasi dilaksanakan  beberapa SKPD dan berinovasi bukan hanya untuk mengejar prestasi.

“Berinovasilah dengan hati dan keikhlasan,” tutur dia.

Sementara itu Sekretaris Bappedalitbang Hanafi menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya memberikan ruang dan event untuk terus menambah pengetahuan dan wawasan mengenai inovasi daerah seluruh perangkat daerah dan masyarakat di Kabupaten Banjar, baik melalui Klinik Inovasi, Bimbingan Teknis, Workshop dan melalui tahapan-tahapan inovasi daerah. 

“Kami pun terus berbenah dalam merapikan database inovasi daerah karena inovasi yang baik tidak hanya banyak, namun inovasi yang terdokumentasi dengan baik,” pungkas dia.

Acara diisi dengan pemaparan materi yaitu “Inovasi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Daerah Kabupaten Banjar” oleh Suripto dan Willem dengan materi  “Indeks Inovasi Daerah Sebagai Pelaporan Inovasi Daerah”, selain itu kegiatan juga diisi dengan sesi diskusi tanya jawab dan foto bersama. (IP Kab. Banjar/Brigade Bappedalitbang)


Komentar