Diharap Berperan Penanganan Bencana, BPBD Gelar Rakor Bersama Stakeholder

Martapura, InfoPublik - Dalam penanganan bencana tidak hanya pemerintah saja yang terlibat melainkan masyarakat dan dunia usaha. 

Hal tersebut diutarakan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita pada Rapat Koordinasi dengan stakeholder terkait mengenai CSR dalam penanganan bencana, di Hotel Roditha Banjarbaru, Kamis (8/6/2023).

Warsita mengatakan dunia usaha sangat berpengaruh dalam penanganan bencana baik pada saat pra bencana, tanggap darurat maupun pasca bencana.

"Pada saat kondisi kondusif seperti sekarang bukan berarti BPBD tidak melakukan kegiatan menyiapkan atau mengantisipasi terjadi bencana," ujar Warsita.

Menurut Warsita, salah satu cara mengantisipasi terjadinya bencana adalah dengan melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder dunia usaha dalam penanganan bencana.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Azhar Alamsyah menambahkan sebanyak 10 perwakilan dari stakeholder hadir di rapat koordinasi tersebut. Di antaranya dari stakeholder yang hadir adalah PT Baramarta Perseroda dan rektor dari Universitas Lambung Mangkurat.

"Universitas lambung mangkurat sendiri sebagai contoh stakeholder yang bekerja sama dengan BPBD Banjar dan juga BNPB dalam pemulihan ekonomi pasca bencana di daerah kecamatan martapura barat," kata Azhar.

Untuk PT Baramarta Perseroda diungkapkan Azhar salah satu stakeholder yang bekerja sama dengan BPBD Banjar pada saat tanggap darurat dengan bentuk bantuan logistik untuk masyarakat terdampak banjir.

"Diharap stakeholder dapat bekerjasama dalam penanganan bencana yang terjadi di wilayah kab banjar. Tidak hanya pada saat tanggap darurat, stakeholder juga dapat berperan pada saat pra bencana dan juga pasca bencana," tutup dia. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar