Karhutla di Gambut, Unit BPBD Terkendala Akses Jalur ke Lokasi

Martapura, InfoPublik - Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar kembali mendapatkan informasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di jalan Karang Anyar kecamatan Gambut, Jumat (9/6/2023).

Menerima info tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita menginstruksikan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) menuju lokasi.

Sementara anggota TRC Riki menjelaskan sesampainya di lokasi kami langsung mencari titik air yang guna memadamkan api yang berada di tengah.

"Di lapangan kita terkendala unit tangki tidak bisa mendekati lokasi kebakaran dikarenakan tidak ada akses untuk roda dua atau roda empat," ucap Riki.

Ditambahkannya, untuk lahan yang terbakar memiliki luas kurang lebih 2 hektare dan yang berhasil dipadamkan satu hektare. Lama proses pemadaman sekitar satu jam dengan vegetasi yang terbakar adalah semak belukar.

Adapun tim di lapangan BPBD Banjar, TNI, Polri, Tagana, Relawan dan juga masyarakat. 

Tidak henti hentinya Kalak BPBD mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, hindari praktik membuka lahan dengan cara membakar dan tidak meninggalkan api di hutan dan lahan. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar