Titik Api Karhutla di Perbatasan Banjar dan Banjarbaru, Tim Gabungan Siaga

Martapura, InfoPublik - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di daerah perbatasan Kabupaten Banjar dan Banjarbaru tepatnya di desa Penggalaman dan Landasan Ulin Utara, Sabtu (3/6/2023) sore.

Pusdalops BPBD Banjar pertama kali mendapatkan informasi terdapat titik api di wilayah tersebut dan langsung berkoordinasi dengan BPBD Kalimantan Selatan.

Dalam hal ini Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita membenarkan laporan titik apa lewat Pusdalops.

"Ya, tim sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD Provinsi terkait adanya karhutla di wilayah perbatasan Kab. Banjar dan Banjarbaru," terang Warsita.

Dijelaskan Kalak, sesampainya di lokasi anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) bergerak mencari lokasi karhutla bersama dengan BPK swasta dan langsung memadamkan titik api.

Kendala yang dihadapi menurut TRC di lapangan, Warsita menuturkan lokasi tersebut minim sumber air dan vegetasi semak belukar yang mudah terbakar.

"Untuk penanganan pemadaman dilakukan kurang lebih dua jam sampai dengan padam. Luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 5 hektar yang diukur dari luas keseluruhan," jelas dia.

Adapun personil yang membantu antara lain BPBD Banjar, BPBD Kalsel, BPBD kota Banjarbaru, TNI, POLRI, MANGGALA AGNI dan BPK swasta.



Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banjar mengeluarkan imbauan agar mewaspadai kebakaran hutan dan lahan antara lain:

1. Dilarang melakukan pembakaran hutan dan lahan.

2. Tidak membuang puntung rokok sembarangan tempat.

3. Hindari praktek membuka lahan dengan cara membakar hutan dan lahan.

4. Tidak meninggalkan api di hutan dan lahan.

(IP Kab. Banjar/Brigade BPBD/Mula/Man)


Komentar