Tebing Sungai di Pingaran Ilir Longsor, BPBD Monitoring Lokasi

Martapura, InfoPublik - Mendapatkan kiriman video terkait adannya masyarakat yang terjatuh akibat tebing sungai longsor di desa Pingaran Ilir RT 01 kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita menginstruksikan Tim Reaksi Cepat (TRC) melaksanakan koordinasi ke lokasi terkait video tersebut.

"Sesampainya di lokasi TRC mendapatkan informasi panjang longsornya tebing kurang lebih 15 meter," terang Warsita di tempat terpisah, Sabtu (3/6/2023).

Terkait adanya masyarakat yang terjatuh didalam video tersebut, Warsita menerangkan  masyarakat yang terjatuh dalam keadaan sehat dan untuk korban jiwa nihil.

"Jarak lokasi longsor ke pemukiman kurang lebih satu meter," ucap Kalak BPBD.

Sementara itu, salah seorang warga menjelaskan penyebab dari tebing sungai yang longsor itu karena adanya pertemuan dua aliran sungai yaitu sungai Riam Kanan dan juga Riam Kiwa yang membentur ke dinding atau tebing sungai.

Lanjut Kalak BPBD, ia mengimbau bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal di pinggiran sungai harus waspada terhadap abrasi yang sering terjadi di bantaran sungai. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD/Mula/Man)


Komentar