Kebugaran Jasmani melalui Aplikasi SIPGAR

Martapura, InfoPublik - Salah satu cara mudah, yang bisa dilakukan masyarakat untuk memulai gaya hidup sehat, adalah rutin berolahraga.

Hal tersebut diutarakan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr. Widya Wiri Utami saat mengikuti kegiatan kebugaran Jasmani SIPGAR, di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Kamis (25/5/2023) pagi.

"Aplikasi SIPGAR merupakan singkatan dari Sistem Informasi Kebugaran yaitu aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode Rockport (Metode jalan/jogging sekitar jarak tempuh 1,6 km)," ujar Widya.

Menurut Widya penggunaan aplikasi SIPGAR dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui status kebugaran tubuh dan menentukan program latihan yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Aplikasi ini dapat diunduh di platform Play Store, sehingga semakin mudah digunakan untuk olahraga di manapun dan kapanpun.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kemenkes RI melalui Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) Pusat, ILDI Provinsi Kalimantan Selatan dan ILDI Kabupaten Banjar, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui Bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga. 

Diikuti peserta dari perwakilan masyarakat dari Kec. Martapura, Kec. Astambul, Kec. Martapura Timur, Kec. Karang Intan serta Pengelola Kesehatan Olahraga Puskesmas Martapura 1, Puskesmas Martapura 2, Puskesmas Martapura Timur, Puskesmas Astambul, Puskesmas Karang Intan 2, Beserta masyarakat. Dengan jumlah peserta seluruhnya sebanyak 80 orang. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar