Melalui Program VSGA Akan Mencetak Talenta Muda Yang Unggul

Martapura, InfoPublik - Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam mendukung visi misi Indonesia Digital 2024.

Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika ( BPSDMP Kominfo ) melaksanakan kegiatan Vocational Scholl Graduate Academy ( VSGA ) di Eva Hotel Kertak KM 6 Kabupaten Banjar, Kamis ( 18/05/2023 ) pagi. 

Kegiatan mencakup skema Penulis Naskah Program Siaran Televisi, Video Editor dan Junior Graphic Designer, diikuti 90 peserta dan dibuka Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian ( DKISP ) Banjar H.M.Aidil Basith.

Firda Zulivia Abraham pantia dari BPSDMP Banjarmasin  mengatakan VSGA merupakan program dari Kementerian Kominfo bertujuan untuk mencetak talenta muda dan tahun 2023 dikembangkan untuk semua kelulusan setelah sebelumnya untuk kelulusan tertentu saja. 

"Sebenarnya kegiatan tidak hanya untuk televisi tetapi juga bisa untuk penulis naskah yang lain misalnya Youtube, tik tok dll, diharapkan dari pelatihan peserta semuanya berkompeten dan sertifikat yang didapat bisa untuk modal mencari atau membuka lapangan pekerjaan," ungkap dia.



Kepala DKISP Banjar H.M.Aidil Basith mengucapkan terima kasih kepada BPSDMP Banjarmasin yang telah memberikan kesempatan kepada warga Kabupaten Banjar mengikuti pelatihan. 

"Kesempatan pelatihan ini sangat luar biasa karena biasanya hanya ada di Jogjakarta dan ini sangat bagus untuk Kabupaten Banjar mengembangkan diri dan merupakan bentuk nyata dari pengembangan SDM di Kabupaten Banjar, dan dengan dikembangkannya talenta para peserta maka otomatis akan dapat menciptakan lapangan kerja," ujar Basith. 

Dirinya mengingatkan sekarang bukan jamannya lagi kita mengejar bekerja di tempat lain karena kalau perlu sekarang kita yang menciptakan lapangan kerja tersebut dan diharapkan dengan keilmuan yang didapat dari bimtek ini nanti bisa langsung diaplikasikan di lapangan. 

"Kami juga mempunyai televisi, radio dan siapa tahu setelah bimtek ini ada yang mau bergabung dengan kami,misal akan memberikan masukan atau berita - berita yang nantinya akan kami ekspos di media yang kami punya, kemudian dari informasi bimtek ini juga mempunyai cakupan luas dan banyak keilmuan yang diberikan merupakan hal yang sangat positif, kita tau bersama sekarang banyak Youtuber yang kaya menjadi milyarder melalui Youtube dan kenapa ini tidak kita coba dan manfaatkan," papar Basith. 

Aidil Basith menambahkan saatnya kita kerja cerdas dengan memanfaatkan teknologi yang ada karena jaman sekarang semua sudah didukung dengan kemajuan teknologi.



Hadir juga di kegiatan ini selaku pengajar dari BPSDMP Banjarmasin, Fajar Rizki Rahman, Nasyiwa Humaria, Subandi Agus Setyo Budi Nugroho, Jaka Permadi dan Rachma Ainun Hikmah. (MC Kominfo Kab. Banjar/Pepen/Bagus/Man)


Komentar