Pengelola Informasi Diskominfo se-Kalsel Diasah Melalui Workshop Kehumasan

Martapura, InfoPublik - Meningkatkan wawasan dan kreatifitas dalam mengolah narasi pada media, Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Workshop Kehumasan, di Hotel Q Grand Dafam Banjarbaru, Selasa (9/5/2023) pagi.

Kegiatan Workshop ini diikuti seluruh humas dan pengelola informasi Diskominfo se-Kalsel dengan mengangkat tema "Membangun Narasi Mendatangkan Partisipasi".

Dosen Ilmu Komunikasi Uniska Banjarmasin, Dr Muzahid Akbar Hayat selaku narasumber menyampaikan materi tentang profesionalisme dalam produksi berita online (Cepat, Tepat dan Beretika).



"Dalam pengolahan sebuah berita penting menjaga etika dalam menulis pemberitaan pada masing masing tenaga kehumasan di pemerintahan," ujar Muzahid.

Menurut Muzahid, kita harus menyesuaikan kegiatan pemerintahan bagaimana meningkatkan minat pembaca di media online khususnya media milik pemerintah dapat bersaing dengan media swasta daerah maupun nasional.

"Apalagi saat ini kita tahu tidak sedikit media online yang menawarkan berbagai informasi kemudahan akses hanya untuk meningkatkan jumlah pembaca potensi," tutur dia.

Dikatakan, berita menarik itu berita dilihat dari judul yang mereka bikin membuat si pembaca semakin penasaran untuk membuka link berita, walaupun isi sama judul tidak ada hasilnya.

"Hal seperti itu dapat menarik pembaca untuk berkunjung ke media online, sebagai pengelola kehumasan kita tetap menerapkan kaidah kaidah sebagai media pemerintahan memberikan berita yang objektif kepada pembaca," ungkap dia.

Sedangkan Koordinator Tata Kelola Komunikasi Publik Kemkominfo RI Mulyani menyampaikan pengelolaan media online di era digital sangatlah pesat yang sekarang sering diakses masyarakat pada umumnya.

Menurutnya, sebagai media pemerintah kita terus menjaga berita yang aktual, update serta dapat menyaring berita bohong (hoaks).



"Dirjen IKP terus berkomitmen memberikan informasi kepada masyarakat melalui portal berita yang tersedia di Kementerian Kominfo," imbuh Mulyani.

Sementara itu, Siti Rif'ah dari LPPL Suara Banjar 
mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kreatifitas ketika menulis pemberitaan.

"Semoga dengan workshop kehumasan ini semakin meningkatkan kreatifitas dan wawasan dalam mencari pemberitaan guna mewujudkan visi misi Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis (Manis)," tutup Rif'ah. (MC Kominfo Kab. Banjar/Rif'ah/Man)


Komentar