Muhammad Taqwa Asal Martapura Berhasil Lolos Seleksi Pertukaran Pemuda ke Korea

Martapura, InfoPublik - Muhammad Taqwa Mora Marpaung, pemuda 24 tahun yang berdomisili di Kelurahan Jawa Kecamatan Martapura berhasil meraih predikat terbaik I dalam Seleksi Calon Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dengan negara tujuan Korea atau Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea (PPIKor).

Indonesia-Korea Youth Exchange Program - IKYEP Tahun 2023 yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan di Hotel NASA Banjarmasin, Senin (8/5/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan dari 6 s/d 8 Mei 2023, yang diikuti oleh 47 pemuda utusan dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan. 

Kabid Kepemudaan Disbudporapar Syawli Syahri menjelaskan, bahwa selain Taqwa terdapat 8 pemuda lainnya yang juga ikut mendaftar untuk mengikuti Seleksi PPAN di Dispora Kalsel. Karena selain program pertukaran pemuda ke Korea, juga dilaksanakan program pertukaran pemuda ke Australia atau PPIA (Australia-Indonesia Youth Exchange Program - AIYEP).

"Namun di tengah perjalanan, pada saat pelaksanaan seleksi hanya 5 orang yang hadir, di antaranya Rafa'na Rahman dan Salsabilla Nur Widya yang berdomisili di Kecamatan Kertak Hanyar, Nor Silawati dari Kecamatan Sungai Tabuk, serta Muhammad Taqwa Mora Marpaung dan Nickita Anastasia Fadil mewakili Kecamatan Martapura," tutur Syawli.

Dijelaskan Syawli tahapan demi tahapan dilalui dari diskusi, presentasi serta wawancara. Ditetapkan 40 Besar (20 Besar untuk IKYEP dan 20 Besar untuk AIYEP), termasuk Taqwa dan Nickita yang berhasil masuk ke dalam daftar 40 besar tersebut. 

Lanjutnya, dengan penilaian melalui LGD Leaderness Group Discussion (LGD), performance seni dan budaya, dan wawancara panel. Ditetapkan 10 besar terbaik di masing-masing PPIA dan PPIKor sebanyak 5 orang, sekaligus pengumuman peringkat terbaik.

"Taqwa berhasil mengumpulkan nilai tertinggi mengungguli utusan Kota Banjarmasin sebanyak 2 orang dan utusan Kabupaten Tapin serta dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, sehingga Taqwa meraih predikat terbaik dan mendapatkan tiket untuk mengikuti PPIKor nanti bergabung dengan utusan dari Provinsi lain se-Indonesia," jelas dia.

Menurut Syawli program IKYEP merupakan kerja sama bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Korea melalui Kemenpora Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga Republik Korea dengan tujuan mempererat khususnya kepemudaan.

"Sebelumnya pemuda Kabupaten Banjar berkesempatan mengirim 2015  M. Fitri Yandhi Pratama dari Kecamatan Martapura dalam PPIA, di tahun 2017 Nor Amalia dari Kecamatan Kertak Hanyar dalam PPIKor  dan Akhmad Salafuddin dari Kecamatan Kertak Hanyar yang mengikuti SIYLEP pada 2021," papar dia.

Ditambahkan Syawli, dengan keberhasilan Taqwa tentunya menambah prestasi pemuda Kabupaten Banjar mampu bersaing di tingkat Provinsi dan Nasional. Diharap dapat memotivasi pemuda Kabupaten Banjar.

Dispora Kalsel juga akan melaksanakan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) dengan batas pendaftaran terakhir 10 Mei 2023 dan Seleksinya akan dilaksanakan 15-17 Mei 2023 bertempat di Hotel Roditha Banjarmasin. Kemudian dilanjutkan dengan Seleksi Pemuda Pelopor tingkat provinsi Kalimantan Selatan 7-10 Juni 2023 dengan batas akhir pendaftaran pada 18 Mei 2023.

Syawli menjelaskan bahwa sudah ada calon peserta yang mendaftar, namun masih dibuka kesempatan bagi para pemuda Kabupaten Banjar untuk bisa mengikuti seleksi tersebut, diharapkan akan banyak para pemuda unggulan Kabupaten Banjar yang mampu bersaing di kegiatan seleksi tersebut.

Selain itu, bidang Kepemudaan Disbudporapar tentunya akan terus mendukung kegiatan positif pemuda-pemudi Kabupaten Banjar dalam berbagai bidang pembangunan yang melibatkan kepemudaan, baik pemuda secara individual maupun pemuda yang terlibat dalam organisasi kepemudaan (OKP). (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar