Tingkatkan Mitigasi Bencana, Kabupaten Banjar Akan Dipasang Sensor Gempa

Martapura, InfoPublik - Kalimantan selatan merupakan daerah yang tidak terdampak langsung apabila terjadi gempa bumi. Hal ini dikarenakan pulau Kalimantan tidak terdapat lempeng bumi atau tidak memiliki gunung berapi yang dimana dapat menimbulkan potensi gempa bumi itu sendiri. 

Dengan fakta tersebut tidak lantas membuat pemerintah pusat ataupun daerah lengah untuk meningkatkan mitigasi bencana gempa bumi di wilayah Kalimantan. Maka BPBD Kabupaten Banjar dengan BMKG Kalimantan Timur Sub Bagian Gempa Bumi menggelar pertemuan, Jumat (5/5/2023).

Beny dari BMKG mengatakan akan melakukan survey untuk melakukan pemasangan sensor gempa bumi di wilayah kabupaten Banjar. Terdapat dua pilihan lokasi yang akan dipasang sensor gempa bumi yaitu di daerah kecamatan Sungai Pinang dan kecamatan Paramasan.

"Sensor yang dipasang akan memberi informasi terkait kejadian gempa bumi yang terjadi daerah tersebut dan akan di update melalui website yang telah disediakan BMKG," imbuh Beny.

Pada pertemuan ini, pihak BMKG juga melakukan sosialisasi website ke pusdalops BPBD Banjar dimana pada website tersebut akan menyediakan informasi terkait gempa bumi yang terjadi di seluruh indonesia. Apabila masyarakat ingin mendapatkan informasi terkait gempa dapat membuka pada link: https://inatews.bmkg.go.id/wrs/index.html.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita menyambut baik dengan adanya rencana pemasangan sensor gempa bumi di wilayah Kabupaten Banjar.

"Adanya sensor ini dapat memudahkan kita lagi dalam tanggap darurat bencana, ini awal yang bagus walaupun daerah kita tidak ada gunung merapi setidaknya waspada lebih penting," ucap Warsita.

Warsita mengharapkan dengan pemasangan sensor gempa ini dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan mitigasi bencana di wilayah Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD/Mula/And)


Komentar