Distan Banjar Gelar Pelatihan Dasar Pemetaan Pertanian

Martapura, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan menyelenggarakan pelatihan bagi penyuluh lapangan, di Aula kantornya, Kamis (4/5/2023).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari 4 - 5 April 2023, dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan kemampuan petugas lapangan dalam hal pemetaan terutama dalam indentifikasi luas lahan, luas tanam dan luas panen komoditas pertanian yang menggunakan data spasial berbasis android.

Plt Kepala Distan Ahmadi mengatakan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan bagi petugas penyuluh lapangan dengan metode berbasis teknologi.

"Sebagai negara agraris, Indonesia membutuhkan survei tanah untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk fungsi perencanaan masa depan," ucap Ahmadi.

Melalui pemetaan/digitalisasi, Ahmadi berharap dapat menjamin ketersediaan lahan pertanian yang cukup, mampu mencegah alih fungsi lahan pertanian menjadi nonpertanian secara tidak terkendali, dan memastikan masyarakat petani memiliki akses terhadap lahan pertanian yang dapat dimanfaatkan.

"Mudah-mudahan kita dapat memahami cara pemetaan ini, agar memudahkan segala urusan pertanian baik penyuluh atau pun petani itu sendiri," tutup Ahmadi.

Hadir pada kegiatan ini Kabid Sarana Pertanian Nurul Chatimah, Narasumber PUPR Hendri, Mantri Tani dan para Penyuluh Se-Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar