BPBD Banjar Distribusikan Bantuan Logistik Korban Puting Beliung di Martapura Barat

Martapura, InfoPublik - Perubahan musim dari penghujan ke musim kemarau membuat cuaca beberapa hari ini sulit diprediksi. Dampak dari perubahan musim mengakibatkan angin bertiup kencang yang berdampak terjadinya bencana angin puting yang menerpa permukiman masyarakat di kecamatan Martapura Barat. 

Menindaklanjuti hal tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Banjar distribusikan bantuan logistik ke korban bencana angin puting beliung, Senin (1/5/2023).

Pusdalops BPBD mendapatkan informasi telah terjadi bencana angin puting beliung di desa Tangkas. Setelah melakukan koordinasi dan validasi dengan operator kecamatan didapatkan informasi waktu kejadian terjadi Minggu 30 April 2023 pukul 14.30 wita yang mengakibatkan Dua (2) buah rumah terdampak dengan jumlah 3KK 9 Jiwa. 

Selain itu, Pusdalops juga mendapat informasi terbaru tentang kejadian puting beliung di kecamatan Martapura Barat juga berdampak ke beberapa rumah di desa Sungai Batang.

Informasi yang di dapatkan sebanyak 7 KK 21 jiwa terdampak angin puting beliung. Setelah mendapat informasi tambahan tersebut. Anggota TRC langsung melakukan persiapan pengantaran logistik ke lokasi bencana. Untuk di desa Tangkas data korban terdampak antara lain :

An.Abdul Hamid 1 Kk 3 Jiwa, dan M.Syarif 1 Kk 4 Jiwa ( 1 buah rumah hunian ditempati 2 Kk ).kondisi Rumah atap terlepas.

Untuk desa Sungai Batang data terdampak sebagai berikut:
- Marhan 1 KK / 1 jiwa terdampak Rusak Sedang
- Noor Hikmah 1 KK / 4 Jiwa terdampak rusak ringan
- Halimatus 2 KK / 4 Jiwa Terdampak rusak ringan
- Jayadi 1 KK / 4 Jiwa rusak ringan
- Tamsir 1 KK / 4 Jiwa rusak ringan
- Syamsudin 1 KK / 4 Jiwa rusak ringan

Bantuan yang didistribusikan berupa mie, air mineral dan kebutuhan pendukung lainnya. 
Diharapkan dengan pendistribusian logistik ini dapat meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana angin puting beliung di wilayah Kabupaten Banjar.  (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar