Dinkes Banjar Sediakan Layanan Kesehatan Gratis di Haul Datu Kelampayan

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui UPTD PSC 119 melakukan persiapan untuk turut serta dalam pelaksanaan Haul besar Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang ke 217 di Mesjid Tugfaturrogibin Desa Dalam Pagar Ulu, Kamis (27/4/2023).

 

Ribuan jemaah hadir bukan hanya dari Kalimantan Selatan, tapi juga dari luar pulau Kalimantan.

Dari jumlah jemaah yang hadir di tahun 2023 ini tentunya akan terjadi penambahan jumlah jemaah setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan karena pademi Covid-19.

 

Untuk itu PSC 119 Dinkes Banjar sebagai tim Kesehatan akan melibatkan diri guna menanggulangi permasalahan-permasalahan Kesehatan bagi jemaah untuk melakukan pertolongan kesehatan secara gratis, selain dari PSC 119 juga di bantu tim Kesehatan Dari UPTD-UPTD Puskesmas yang berada di wilayah sekitar lokasi Kegiatan Haul besar ini.

 

Sebagai informasi PSC 119 ini di bentuk untuk pusat komunikasi dan tim reaksi cepat pertolongan pertama pada kasus krisis kesehatan akibat bencana, kecelakaan kerja dan kebakaran dan kecelakaan lalu lintas dengan bekerja sama dengan tempat pelayanan kesehatan darurat yang sesuai secara bertahap.

 

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2016 adalah suatu mekanisme pelayanan korban/pasien gawat darurat yang terintegrasi dan berbasis Call Center dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 119 dengan melibatkan masyarakat. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar