Tiga Desa di Martapura Sulit Air Bersih, BPBD Sigap Distribusikan

Martapura, InfoPublik - Tercemarnya sumur pasca banjir menyebabkan masyarakat kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus distribusikan air bersih ke masyarakat di kecamatan Martapura, Senin (3/4/2023).

Berangsur surut banjir tetapi masih meninggalkan masalah yakni kurangnya air bersih yang mana menjadi kebutuhan masyarakat.

"Saat ini terdapat tiga desa yang telah mengajukan permohonan bantuan distribusi air bersih untuk di gunakan masyarakat. Ketiga desa itu adalah desa Jawa laut, desa tunggul irang dan desa bincau," ucap Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita.

Menurut Warsita, Desa desa tersebut merupakan desa yang sering terkena bencana banjir dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan sungai dan padang. 

"Untuk pendistribusian air bersih menggunakan 1 unit truk tangki 5.000 liter yang di drop ke tandon tandon yang telah disiapkan oleh BPBD di titik-titik tertentu sesuai dengan arahan dari aparat desa," tutur Warsita.

Dikatakannya, Selain pendistribusian air bersih, BPBD juga melakukan pengambilan pinjam pakai perahu untuk mobilisasi masyarakat di lutfia tungkal menggunakan satu unit pickup. 

Diharapkan dengan pendistribusian air bersih ini dapat membantu atau meringankan beban masyarakat yang masih terdampak banjir di wilayah Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar