BPBD Banjar Kerahkan Dua Truk Tangki Suplai Air Bersih di Martapura Barat

Martapura, InfoPublik - Masih tingginya genangan air di wilayah Martapura Barat mengakibatkan masyarakat kesulitan akan air bersih. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar distribusikan air bersih ke desa terdampak banjir di kecamatan Martapura Barat, Rabu (22/3/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita mengatakan masih tergenangnya pemukiman masyarakat di desa Sungai Rangas Ulu membuat sumur tercemar air banjir yang membuat sulitnya mendapatkan air bersih untuk digunakan memasak dan lainya. 

"Dikarenakan kesulitan air bersih itu masyarakat mengusulkan permohonan air bersih melalui WhatsApp pusdalops untuk kiranya dapat didistribusikan air bersih," ujar Warsita.

Warsita juga mengerahkan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) melakukan persiapan dan bergeser menuju desa Sungai Rangas Ulu menggunakan dua unit truk tangki berisi air bersih 5.000 liter per tangki. 

"Pendistribusian air dilakukan secara langsung dari truk tangki ke tempat penampungan milik warga yang menyebabkan pendistribusian air bersih menjadi lama," ungkap Kalak.

Warsita menambahkan, untuk mempercepat pendistribusian air bersih diharapkan kepada perangkat desa atau pambakal bisa mengirimkan surat peminjaman tandon ke BPBD agar dapat memudahkan petugas dan masyarakat dalam pendistribusian air bersih. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar