Disdik Banjar gelar Sosialisasi Pengembangan PAUD HI 2023

Martapura, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Nonformal dan kesetaraan melaksanakan Sosialisasi Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) tingkat Kabupaten Banjar, di Q Grand Dafam Banjarbaru, Senin (20/3/2023).

Meningkatkan wawasan dan pengetahuan Pendidik dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia DIni Holistik dan Integratif dan guna terlaksananya Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Kabupaten Banjar secara Optimal serta berkesinambungan juga terpenuhinya kebutuhan esensial Anak Usia Dini secara simultan, sistematis, dan terintegrasi. 

Kepala Bidang PAUD, PNF dan Kesetaraan Jahriah menyampaikan, Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan PAUD Holistik Integratif dan Keputusan Bupati Banjar nomor 410 tahun 2022 tentang Pembentukan gugus tugas dan sub gugus tugas pengembangan PAUD Holistik Integratif di Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Liana Penny mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan sebagai bentuk bantuan bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lanjut serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak. 

"Melalui kegiatan Sosialisasi PAUD HI ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan pendidik dan tenaga kependidikan Anak Usia Dini tentang PAUD HI sehingga dapat dilaksanakan secara baik dan maksimal, berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas," harap Liana.

Peserta Sosialisasi PAUD HI sebanyak 100 orang dari satuan PAUD yang sudah terakreditasi, Fasilitator PAUd HI materi kegiatan meliputi, kelas orang tua, kemitraan satuan orang tua, PAUD berkualitas, pemenuhan layanan esensial ( 8 Indikator ) dan pemutakhiran Dapodik. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdik)


Komentar