Banjir Masih Melanda, BPBD Banjar Buka Dapur Umum

Martapura, InfoPublik - Tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari membuat tingginya air mengalami kenaikan di sejumlah desa terdampak banjir.

Melihat situasi yang berubah-ubah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar berinisiatif membuat dapur umum untuk didistribusikan ke warga.

"Kegiatan dapur umum dimulai sejak pagi hari. dimana persiapan bahan bahan dan kelengkapan peralatan dilakukan sehari sebelumnya," ujar Kalak BPBD Warsita, Jumat (17/3/2023) siang.

Pada kegiatan tersebut Dijelaskan Warsita, didapatkan 280 bungkus nasi untuk didistribusikan ke masyarakat yang terdampak banjir. Kegiatan dapur umum dilakukan selama 3 hari ke depan. 

"Untuk pendistribusian dilakukan ke beberapa desa terdampak banjir yaitu ke desa Sungai Rangas Hambuku dan juga desa Tanjung Rema gg. Aman yang dilakukan oleh posko tanggap darurat," ujar Warsita.

Selain Dapur umum, BPBD juga lakukan pendistribusian air bersih ke desa terdampak. Pendistribusian di lakukan ke desa jawa laut, tunggul irang dan desa bincau. Kegiatan ini menggunakan 1 unit truk tangki 5.000 liter yang mensuplai ke tandon 1.200 liter yang telah di sediakan. 

Kegiatan rutin yang selalu dilakukan posko tanggap darurat adalah monitoring ketinggian air dan juga membantu mobilisasi masyarakat dengan menggunakan Speedboat  di daerah tunggulirang. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar