Marak Isu Penculikan Anak, Babinsa Edukasi Kewaspadaan Dini di SDN 10 Gambut

Martapura, InfoPublik - Tingkatkan kewaspadaan di lingkungan sosial masyarakat dalam rangka mencegah dini dan maraknya isu penculikan anak di lingkungan sekolah.

Babinsa Koramil 1006-08/Gambut Sersan Kepala Kasno memberikan sosialisasi dan edukasi Pemahaman Kewaspadaan dini kepada orang tua murid dan guru sekolah terkait maraknya penculikan anak, di aula SDN 10 Gambut di Komplek Lutfia RT. 11 Kelurahan Gambut Barat Kecamatan, Rabu (15/3/2023).

Sersan Kepala Kasno Babinsa Koramil 1006-08/Gambut didampingi Marlina S.Pd, M.Pd
Kepala Sekolah SDN -10 Gambut  memberikan 
sosialisasi dan edukasi Pemahaman Kewaspadaan dini kepada orang tua murid dan guru sekolah terkait maraknya penculikan anak.



Maraknya penculikan anak di bawah umur, Serka Kasno mengatakan orang tua dan guru harus paham dan waspada sejak dini memberikan informasi kepada anak.

Ia menekankan agar para Siswa -siswi SDN 10 Gambut lebih hati-hati dan jangan mudah menerima apapun dari orang yang tidak dikenal.

"Adik - adik setelah selesai jam belajar, pulang Sekolah harus tunggu jemputan dari orang tuanya," ujar Kasno.

Kalaupun sudah di rumah, Kasno mengimbau apabila hendak bermain dengan kawan-kawan agar memberitahu kepada orang tua guna mendapatkan pengawasan agar lebih aman orang tua melindungi anaknya.

"Disini juga peran orang tua murid pengawasan melekat, juga guru mempunyai tanggung jawab moral dalam membina, mendidik serta pengawasan sehingga tidak ada kesalahan dan penyesalan dikemudian hari," ungkap Kasno.

Sementara itu, Kepala Sekolah Marlina sangat setuju dengan dilaksanakan pertemuan sosialisasi tersebut.

"Tidak ada salahnya sejak dini kita lebih waspada dan berhati-hati. Inilah namanya cegah dini sebelum terjadi," ucap Marlina.



Menurut Marlina, tujuannya untuk menghindari terjadinya penculikan terhadap anak sekolah. Tugas seperti Ini bukan tanggung jawab guru saja. Dan setiap orang tua mempunyai perhatian khusus terhadap anaknya.

"Sebagai guru pembimbing kami lebih waspada terhadap keluar masuknya orang yang tidak dikenal sehingga meminimalisir untuk terjadinya tindak  kejahatan penculikan anak," pungkas Marlina.

Acara turut dihadiri Pengawas Pembina TK-SD Sutrisno, Ketua Komite SDN 10 Gambut H. Ruspandi dan Seluruh Dewan Guru SDN 10 Gambut. (MC Kominfo Kab. Banjar/Daus/Man)


Komentar