Kemensos Berikan Bantuan Lumbung Sosial Untuk Empat Kecamatan

Martapura,InfoPublik - Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar Hj. Siti Hamidah mewakili Bupati Banjar dalam rangka Penyerahan Bantuan Lumbung Sosial Kesiagaan Bencana dari Kemensos dan Gubernur Kalimantan Selatan.

 

Serta tambahan bantuan dari Yayasan Baitul Maal (YBM) PT PLN (PERSERO) UIKL untuk empat Kecamatan yang terdampak bencana banjir yaitu Kecamatan Simpang Empat, Mataraman, Martapura Timur dan Martapura Barat. 

 

Hj. Siti Hamidah menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Perwakilan Gubernur Kalsel beserta pihak yang sudah ikut berpartisipasi dan telah membemberikan bantuan Lumbung Sosial Penanganan Bencana untuk 4 kecamatan yang terdampak bencana banjir.

 

“Ditengah-tengah upaya kita menangani pandemi Covid-19 warga kita di kabupaten Banjar juga mengalami musibah banjir, diinformasikan juga bahwa saat ini kondisi banjir di Kabupaten Banjar sudah mulai surut, hanya tersisa genangan air di beberapa titik desa,”ujarnya. 

 

Sementara data dari BPBD Banjar dari tanggal 11 - 18 Januari 2022 ada enam kecamatan dengan 4.319 KK dan 8.623 Jiwa didalamnya, fasilitas Umum seperti sekolah dan kantor pemerintahan namun secara umum belum ada laporan yang signifikan, hal ini juga sudah diinstruksikan kepada SKPD Teknis untuk melakukan pendataan sesuai dengan kewenangannya,”ungkapnya.

 

Ditambahkannya, dengan hadirnya bantuan ini tentunya akan sangat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir di wilayah tersebut.

 

Mewakili Gubernur Kalsel, Asisten I Setda Provinsi Kalsel Adi Santoso menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada Kementrian Sosial RI yang selama ini sudah banyak memberikan bantuan bagi masyarakat di Kalsel, mungkin kedepannya empat kecamatan yang terdampak ini juga akan dibentuk Kampung Siaga Bencana yang juga merupakan program dari Kemensos.

 

Hadirnya Lumbung Sosial di daerah rawan bencana ini sebagai bentuk, komitmen dan perhatian khusus dari pemerintah agar masyarakat yang terdampak bencana dapat dengan cepat diberikan bantuan, terutama kebutuhan dasar berupa makanan pokok dan lain sebagainya.

 

Acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan secara simbolis kepada Camat dari empat Kec yang terdampak banjir, bantuan tersebut meliputi Pengolahan Air bersih, Genset, Pakaian, Peralatan Dapur, Sembako, Obat-obatan dan kebutuhan masyarakat lainnya.

 

Dalam acara yang bertempat di halaman Kec. Simpang Empat tersebut dihadiri oleh  Kadis Sosial Prov. Kalsel Hj. Siti Nuriyani, Joko Purnomo selaku Koordinator Bidang Pemberdayaan SD Dirjen PSKBA Kemensos, Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial BJM, FORKOPIMDA Banjar, Polsek, Koramil serta Camat Simpang Empat, Mataraman, Martapura Timur, dan Martapura Barat, Pembakal dan undangan lainnya. (IP Kab.Banjar/Brigade Dinsos P3AP2KB/Agus/Rahman)


Komentar