Babinsa Bersama Petani Pemanjatan Gambut Kompak Berantas Sarang Tikus

Martapura, InfoPublik - Mencegah terjadi kembali gagal Panen padi, Ketua kelompok tani Harapan Marjuni mengajak Babinsa Koramil 1006-08/Gambut dibantu Personil PPL dan Mantri Hama Gropyok Tikus di Area Persawahan Pemanjatan, Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, Kamis (16/2/2023).

Marjuni mengatakan kami meminta Gropyok tikus untuk membantu mengendalikan hama tikus yang menyebabkan gagal panen padi milik Warga salah satunya di Lokasi sawah kami pemanjatan.



"Kegiatan ini di laksanakan secara rutin di setiap tahunnya guna mengefektifitaskan hasil taman petani dan mengurangi perkembangan hama tikus Sawah," ujar Marjuni

Tujuan pengendalian hama tikus sawah dijelaskan Marjuni, dengan cara di lakukan pemburuan langsung atau pemberian racun tikus di tiap tiap lubang sehingga menghambat laju perkembangan biakan Hama tikus karena ini sangat merugikan kami sebagai petani.

Babinsa -08/Gbt Pelda Mawardi bersama rekan Babinsa lainnya membenarkan adanya Gropyok hama tikus 

Dikatakan Mawardi, kegiatan gropyok tikus ini sudah direncanakan sejak awal melakukan pertemuan dan pembahasan karena salah satu yang menyebabkan rusak dan tidak dapat memanen padi milik warga, adanya hama tikus.

"Alhamdulillah hasilnya dapat dimaksimalkan dengan cara pengasapan, agar serangan hama pengerat itu tidak terus meluas maka harus segera diatasi, dan salah satu upaya penanggulangannya yaitu dengan cara gropyok tikus,” ujar Mawardi.



Mantri Hama,  Mawadah Rahmah menuturkan kegiatan gropyok tikus dengan cara pengemposan asap belerang di lubang tikus yang dilakukan ini hasilnya terbukti cukup efektif. Sebab dengan cara ini banyak tikus yang dapat dibasmi.

Memang direncanakan untuk memberantas hewan pengerat yang merusak tanaman padi, lanjut Mawadah dengan hadirnya anggota TNI dari Koramil -08/Gbt yang datang membantu, membuat permasalahan ini menjadi dapat diatasi dan jika tidak dilakukan akan merugikan para Petani. (MC Kominfo Kab. Banjar/Daus/Man)


Komentar