BPBD Banjar Dampingi Sosialisasi System Peringatan Dini EWS di Sungai Raya

Martapura, InfoPublik – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar melakukan pendampingan kepada BPBD Kalsel dan Dinas PUPR Kaslel yang sedang mensosialiasikan system perimgatan dini (EWS) di balai desa sungai raya kecamatan simpang empat, Selasa (14/2/2023).

 

Pendampingan tersebut dipimpin oleh kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Seger serta kasi Pencegahan Muhammad Hasbie dan Tiga orang anggota pusdalops.

 

Dalam acara tersebut terbagi menjadi Dua kegiatan yaitu sesi pertama dipaparkan oleh BPBD Kalsel dengan isi paparan tentang rencana pembentukan Desa Tangguh bencana yang akan di bentuk di desa Sungai Raya.

 

“Desa Tangguh bencana adalah sebuah desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya manusia untuk menguragi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi resiko bencana,” ujar dia.

 

Dimana nantinya protokol-protokol tentang Tindakan atau kegaitan pada desa Tangguh bencana saat terjadi bencana akan mengadopsi dari desa Tangguh bencana yang telah terbentuk sebelumnya di desa Benteng kecamatan Pengaron.

 

Sesi kedua dilakukan oleh Dinas PUPR Prov kalsel dimana dalam paparan tersebut membahas tentang EWS yang telah dipasang oleh dinas PUPR Kalsel yang dimana sensor ketinggian air yang terpasang di desa Sungai Pinang kec Sungai Pinang dan sirene ews terlatak di desa Sungai Raya. pada kesempatan itu sosialisasi dilakukan secara teori dan juga melakukan simulasi pengaktifan sirene ews secara manual dimana simulasi tersebut langsung dilakukan oleh masyarakat dan sesuai oleh arahan dari dinas pupr prov.

 

Diharapkan dengan adanya EWS yang dipasang pada desa sungai raya dapat mengurangi resiko bencana yang diakibatkan oleh ketidak siapan masyarakat menghadapi bencana. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar