Dandim Banjar Bekali Pambakal, Ormas dan Pemuda Penguatan Ideologi Pancasila

Martapura, InfoPublik - Guna meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Komandan Kodim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring Bekali Penguatan Ideologi Pancasila Pambakal (Kepala Desa), Ormas dan Pemuda.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar, di Aula Kantornya, Martapura, Selasa (14/2/2023).

Letkol Kav Zulkifer Sembiring menyampaikan materi dengan Tema "Membangun Karakter Bela Negara Untuk Menguatkan Nilai Nilai Pancasila".

Sebelumnya Letkol Zulkifer Sembiring mengingatkan bahwa kita jangan pernah lupa tentang  sejarah perjuangan  bangsa Indonesia ( Jasmerah).



"Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, sebagai anak bangsa harus mengetahui sejarah dan nilai - nilai Pancasila, Tujuan Nasional yang tertuang dalam pembukaan UU 1945 dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Dandim.

Selanjutnya dalam Bela Negara, Dijelaskan Dandim dimana Bela Negara itu sendiri adalah tekad, sikap perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara.

"Peran Kebudayaan dalam Bela Negara adalah Sebagai Pemersatu Bangsa dan Sebagai Banteng Pertahanan Non fisik," ujar dia.

Dipaparkan Dandim Salah satu contoh yang sekarang ini terjadi konflik perang yaitu  Negara Ukraina. Kenapa Rusia sampai sekarang tidak bisa mengalahkan Ukrania. Salah satunya adalah masyarakat Ukrania mental bela negara masyarakat nya sangat tinggi karena memiliki 
Sistim pertahanan Keamanan semesta ( Siskamhanrata ) yang baik dan Kuat.

"Saya sangat mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk mengisi materi dalam kegiatan ini serta rasa bangga saya ucapkan kepada seluruh peserta yang hadir telah menyimak materi yang telah diberikan dengan penuh antusias," ungkap Dandim.

Di Penghujung kegiatan Letkol Zulkifer Sembiring berpesan kepada Pembakal dengan harapan jadilah sebagai agen perubahan dalam keikutsertaan menjaga NKRI dan Menjadi model dalam penyampaian pentingnya akan kecintaan Bangsa dan tanah Air.



Kaban Kesbangpol Safri Noor mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kehadiran Komandan Kodim 1006/Bjr turun langsung untuk memberikan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Sebelum diberikan materi oleh pemateri, Safri Noor menyerahkan buku Ideologi Pancasila kepada para perwakilan Pemuda pembakal untuk dipedomani dan dipahami.

Safri Noor menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Dirinya meminta kepala para peserta khususnya Kepala desa/ Pembakal, Ormas dan Pemuda dapat memahami serta dalam pemberian materi oleh narasumber agar disimak sehingga dalam bermasyarakat dan menjalankan tugas di desa bisa juga  dilakukan sosialisasi ke warga.

Sosialisasi Program Penguatan Ideologi Pancasila ini juga menghadirkan Pemateri Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Banjar Rijani Ansyari. (MC Kominfo Kab. Banjar/Daus/Man)


Komentar