Kenalkan Peralatan Kebencanaan Sedari Dini, Mitra Kasih School Sambangi BPBD Banjar

Martapura, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar mendapat kunjungan dari siswa siswi Primary 6 Mitra Kasih School, Jumat (10/2/2023).

Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk memberi informasi mengenai kebencanaan dan penanganan bencana kepada anak anak sekolah mitra kasih. Kunjungan tersebut langsung di sambut oleh kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita didampingi oleh Sekretaris BPBD dan seluruh pejabat eselon III dan IV. 

Warsita menjelaskan sedikit tentang penanganan bencana dan bencana yang di wilayah kabupaten banjar dengan bahas yang mudah di mengerti oleh anak-anak yang hadir.

Pada sesi pengenalan peralatan yang digunakan penanganan bencana dimana langsung disampaikan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik. 

Disesi ini diawali dengan tanya jawab dengan anak anak tentang apakah mereka tahu dan pernah terdampak bencana di lingkungannya?.

Setelah melakukan tanya jawab dilanjutkan ke pengenalan peralatan yang BPBD gunakan pada saat penanganan bencana. Di sesi ini peralatan yang siap ditampilkan untuk penanganan bencana banjir adalah 1 unit perahu karet beserta alat pendukung pada perahu karet, 1 unit perahu kano, 1 set alat skuba/ alat selam dan peralatan yang siap ditampilkan untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan adalah, 1 set baju pemadam, keplok, 2 unit mesin alkon beseta perlengkapan, 1 buah jetshooter, dan 1 unit tangki. 

Untuk pertolongan pertama ditampilkan 2 (Dua) buah tandu. Disela sesi pengenalan peralatan juga diselingi dengan praktek menggunakan alat seperti jetshooter dan peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Lanjut Warsita, Diharapkan dengan dilakukanya workshop ini dapat meningkatkan kewaspadaan sedari dini dan anak anak dapat tanggap dalam menghadapi bencana alam di lingkungan sekitar. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD) 


Komentar