Rekrutmen Prajurit TNI-AD Jalur Santri, Kodim Banjar Sosialisasikan di Ponpes Darusallam

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka Sosialisasi Rekrutmen Calon Prajurit TNI-AD khusus santri lintas agama. Prajurit Kodim 1006/Banjar kembali masuk pesantren. 

Progam TNI AD adalah Kampanye Kreatif lintas agama Islam di Pondok Pesantren Darusallam Martapura, Kamis (9/2/2023) dipimpin Kapten Cba Heru Sukarsun bersama empat orang anggota pendamping.

Sosialisasi rekrutmen calon prajurit TNI-AD ini diikuti santri dengan materi Penayangan Video tentang TNI AD, serta Sosialisasi kepada Santri Ponpes Darusallam Martapura dan Paparan Penerimaan Prajurit TNI AD lintas Agama Islam.



Kapten Cba Heru Sukarsun menerangkan Peserta sosialisasi kampanye Kreatif Ponpes Darusallam Martapura sebanyak 300 Orang Santri.

"Sebagai amanah Kasad Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman merekrut anggota TNI AD dari kalangan Pondok Pesantren atau santri dan lintas agama dan tidak ada dipungut biaya semua gratis," ucap Sukarsun.

Ia menjelaskan saat inilah langsung mensosialisasikan bagi siapa saja yang akan berkeinginan menjadi prajurit. Kesiapan proses Werving Bintara dan Tamtama yang bersumber dari santri dan lintas agama sebagai jalur khusus bagi mereka yang ingin bergabung menjadi anggota TNI.



Ditambahkan Sukarsun, yang menjadi persyaratan bagi santri hendak masuk menjadi prajurit TNI AD selain Akademik dan fisik juga dari segi materi keagamaan, di antaranya pandai mengaji, Pidato atau ceramah. 

“Syarat Pendidikan Umum (Dikum) minimal setingkat SMP/sederajat untuk Cata dan setingkat SMA/sederajat untuk Caba PK, selain itu kriteria lainnya memenuhi persyaratan umum menjadi Prajurit TNI Angkatan Darat,” jelas dia.

Sementara, Pimpinan Ponpes Darusallam yang diwakili oleh Ustad Abdul Hadi sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Kami sebagai warga Negara Indonesia patut bersyukur dan bangga, Negara Indonesia memiliki TNI sebagai Angkatan Bersenjata yang kuat dan disegani oleh masyarakat Indonesia," ujar Ustad Abdul Hadi.

Karena itu, Abdul Hadi mengungkapkan melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan para santriwan Ponpes Darusallam sebagai generasi penerus bangsa banyak yang menjadi anggota TNI khususnya TNI-AD.

Selain itu, Guru Nouval juga menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1006/Banjar
diselenggarakannya Sosialisasi Rekrutmen Penerimaan TNI-AD khusus santri dan lintas agama.



"Kami para guru dan santriwan mendapat pengetahuan dan wawasan tentang penerimaan calon anggota TNI-AD khusus Santri dan lintas agama," tutup Guru Nouval. (MC Kominfo Kab. Banjar/Daus/Man)


Komentar