Perayaan Satu Abad NU, Bupati Banjar Buka Festival Maulid Habsyi dan Bazar UMKM

Martapura, InfoPublik – Mengusung tema " Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru", Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU )  Kabupaten Banjar menggelar Perayaan Satu Abad NU sekaligus Pembukaan Festival Maulid Habsyie  dan Bazar UMKM, di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Selasa (7/2/2023) malam.

 

Acara Festival Maulid Habsyie dan Bazar UMKM dibuka langsung oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur dengan dihadiri Wabub Habib Idrus Al Habsyie, Ketua DPRD Banjar, Forkopimda Banjar, alim ulama / tokoh masyarakat,  Rais Syuriah dan Pimpinan Cabang NU beserta Pengurus Cabang dan Ranting NU se Kabupaten Banjar.

 

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Qoriah Internasional Hj Raudah, dilanjutkan dengan pertunjukan drum band oleh Ponpes Atthahiriah dari Kecamatan Sambung Makmur dengan mempersembahkan  Mars Ya Lal Wathan dan Mars 1 abad NU.


 


Bupati Banjar turut mengapresiasi atas terselenggaranya perayaan satu abad NU di Kabupaten Banjar, yang terasa meriah dengan tampilnya puluhan grup maulid Habsyie dan aneka bazar yang menampilkan produk produk unggulan daerah.

 

" Selamat memperingati 1 abad NU, Semoga melalui semarak festival maulid Habsyie dalam rangka perayaan Satu Abad NU ini dapat semakin mempererat ukhuwah Islamiah dan kita juga berharap melalui syair syair ini semakin menambah kecintaan kita kepada baginda nabi Muhammad SAW," harap Saidi.


 


Sementara Ketua Tanfidziah NU Banjar Ustadz Nuryadi menerangkan bahwa pada saat berdirinya NU tepatnya 31 Januari 1926 atau 16 Rajab 1344 H, ada satu ulama dari tanah Banjar yang hadir yakni KH Abdul Qadir Hasan. Guru Tuha sapaan akrabnya diamanahi oleh pendiri NU KH Hasyim Asy'ari untuk mendirikan cabang NU di Kalsel, tepatnya di kota Martapura pada tahun 1928.

 

Melalui jasa KH Abdul Qadir Hasan disertai dengan dukungan ulama lanjutnya, Kalsel dapat melaksanakan Mukhtamar NU ke 11 pada tahun 1938.

 

" Dengan momentum perayaan 1 abad NU mari kita jadikan momen untuk bersyukur dan refleksi. Masih banyak tugas dan amanah yang harus kita tunaikan. Jadikan momentum ini untuk lebih termotivasi dalam berkhidmat di organisasi NU," tutup dia.


 


Kegiatan festival maulid dan bazar UMKM digelar dari tanggal 7 - 11 Februari 2023 di RTH Ratu Zalecha Martapura. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fuad/Agusoke)


Komentar