Anggota TRC BPBD Banjar Disiagakan di Kecamatan Pengaron

Martapura, InfoPublik - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita menginstruksikan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) selalu siap siaga menghadapi bencana banjir di wilayah Kabupaten Banjar, Jumat (3/2/2023).

"TRC bpbd secara bergantian melakukan monitoring ketinggian air di kecamatan pengaron dan sungai pinang," ucap Warsita.

Dikatakan Warsita, curah hujan yang cukup tinggi terjadi pada Kamis 2 Februari 2023 mengakibatkan naiknya air dan menyebabkan terjadinya banjir di beberapa desa di kecamatan Sungai Pinang dan Pengaron. 

Dalam hal ini Warsita juga menginstruksikan anggota TRC BPBD Banjar melakukan pendataan jumlah KK yang terdampak banjir di kecamatan Pengaron dan melakukan pemantauan ketinggian air pada titik ukur yang telah ada. 

"Terdapat 2 titik pantau di kecamatan Pengaron yaitu di desa Pengaron dan di desa Lobang Baru," tutur dia.

Adapun berikut jumlah KK dan jiwa yang terdampak banjir di desa Lobang Baru Terdapat 1 KK 1 Jiwa pada RT 001 dan 65 KK 195 Jiwa pada RT 002. Sedangkan untuk desa Pengaron terdapat 435 buah rumah terendam ,187 buah terdampak dengan 365 KK terendam 145 KK terdampak dan untuk fasum sebanyak 15 fasum yang terdiri atas tempat ibadah 5 buah, fasilitas Pendidikan sebanyak 5 buah dan 5 buah fasilitas umum lainnya.

Lanjut Warsita, mengimbau masyarakat yang bertempat tinggal di bantaran sungai Martapura agar selalu waspada terhadap naiknya air yang disebabkan air kiriman dari bagian atas dan juga curah hujan yang cukup tinggi. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar