Rampung, Ruas Jalan Sepanjang 6,3 KM Diresmikan Bupati Banjar

Martapura, InfoPublik - Berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemkab Banjar tahun 2022 dan berdasarkan Rencana Strategis (Renstra 2021 – 2026) Dinas PUPRP Kabupaten Banjar, bahwa indikator kinerja berupa Indeks Konektivitas dengan definisi operasional Persentase panjang jalan dalam kondisi mantap (60%) dan Rasio konektivitas kabupaten (40%).

Demikian disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat meresmikan perbaikan atau peningkatan jalan kabupaten dari Desa Bawahan Selan Kecamatan Mataraman hingga Desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darussalam di Pengaperan RT.03 Desa Bawahan Selan, Rabu (28/12/2022) pagi.

Dikatakan saidi, Panjang penanganan atau perbaikan kondisi jalan pada ruas jalan ini adalah sepanjang 6,3 Kilometer dari total 26 kilometer. Ruas jalan ini ditangani dengan pelapisan Aspal tipe Lataston Lapis Aus (HRS-WC) dan ditambah dengan bahu jalan beton.

" Ruas Jalan Selan hingga Keramat Mina yang merupakan ruas jalan dengan status jalan kabupaten terbentang dari Desa Bawahan Selan (Kecamatan Mataraman) sampai ke Desa Surian Hanyar (Kecamatan Cintapuri Darussalam), termasuk dalam kondisi tidak mantap, sehingga Pemkab Banjar berupaya melakukan perbaikan ruas jalan ini," ungkap dia.

Ia berharap dengan dilaksanakannya peningkatan ruas jalan Selan sampai Keramat Mina yang menghubungkan Desa Bawahan Selan Kecamatan Mataraman dengan Desa Surian Hanyar Kecamatan Cintapuri Darussalam ini, dapat memperlancar jalur transportasi masyarakat, distribusi hasil perkebunan dan hasil bumi lainnya.

" Saya minta kepada seluruh masyarakat agar dapat memanfaatkan akses jalan yang sudah terbangun ini dengan arif dan bijaksana. Pelihara lah akses jalan, dengan tidak memaksakan kendaraan roda 4 atau lebih yang bermuatan berat sehingga umur pemanfaatan jalan yang sudah diaspal ini dapat maksimal penggunaannya," pinta dia.

Sementara Manager PT Bumi Banjar Persada (BBP) dan PT Mitra Agro Semesta (MAS) Imran Rosyadi menyebut beberapa program PPM terealisasi diantaranya di bidang pendidikan sebanyak 174 siswa dari 15 sekolah yang ada di ring 1, 2 dan 3. Sedangkan di bidang kesehatan yakni kolaborasi dengan beberapa posyandu seperti konseling ibu hamil, balita dan lansia sebanyak 683 orang di 5 desa prioritas yang termasuk dalam ring 1.

Ditempat yang sama Camat Mataraman Dedi Kurniadi mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan pihak swasta PT BBP MAS yang telah berkolaborasi, tentu adanya perbaikan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidane/Paris)


Komentar