Dapatkan Program Bedah Rumah, Dandim Banjar Serahkan Kunci Kepada Nursiah

Martapura, InfoPublik – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Korem 101/Antasari ke-61, Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom menyerahkan kunci rumah program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah teritorialnya Banjarbaru, Selasa (13/12/2022).

 

Hampir Dua Pekan lamanya pengerjaan bedah rumah milik Nursiah ini sudah dapat ditempati.

 

Nursiah tak mampu menyembunyikan rasa harunya, ketika melihat rumahnya yang dulu reyot kini menjadi kokoh setelah dibedah TNI Kodim 1006/Banjar.

 


“Sebelum direhab, kondisi rumah sangat memprihatinkan. Reyot dan atapnya banyak bocor. Sekarang kokoh dan lebih baik," ucap Nursiah.

 

Ia mengaku tinggal di rumah itu sejak 1980. Sejak dulu kondisinya memang sudah tidak layak.

 

Bekerja sebagai asisten rumah tangga, Nursiah tidak punya biaya untuk memperbaiki rumahnya sendiri. Apalagi suaminya sudah lama tiada.

 

"Belum lagi saya harus membiayai sekolah dua anak," papar dia.

 


Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 1006/Banjar bersama instansi terkait lainnya yang sudah merehab rumahnya. Kalau tidak dibantu, selamanya rumah saya seperti ini reyot.

 

Dandim 1006/Banjar, Letkol Inf Imam Muchtarom menyampaikan, rehab rumah Nursiah dalam rangka HUT ke-61 Korem 101/Antasari. "Rehab rumah dilaksanakan semua Kodim di Kalsel.

 

Ia berharap, rumah yang direhab bisa bermanfaat dan membawa berkah bagi semua. Serta semoga bisa berlanjut ke tempat lain, karena masih banyak rumah di lain yang belum tersentuh.

 


Untuk menentukan rumah yang direhab, Imam mengaku menerima laporan dari Koramil. Berdasarkan pantauan dari Babinsa dan Ketua Rt "Babinsa yang tahu mana rumah yang layak direhab. Lalu dia melapor ke Danramil, kemudian Danramil lapor ke saya," ungkap dia.

 

Ia mengucapkan terima kasih kepada instansi terkait, seperti Polsek, Pemko, PLN, PDAM, dan lain-lain yang turut membantu melaksanakan rehab rumah tidak layak huni. (MC Kominfo Kab. Banjar/Daus/Man)


Komentar