Dinas Petanian Banjar Gelar Pelatihan Penangkaran Bibit Benih

Martapura, InfoPublik – Benih merupakan sarana utama hortikultura yang tidak dapat digantikan oleh sarana lain. Ketersediaan benih bermutu sangat strategis karena merupakan kunci utama untuk mencapai keberhasilan dalam usaha budidaya hortikultura. 

 

Produksi dan mutu produk hortikultura sangat ditentukan oleh kualitas 

benih yang digunakan. Untuk menghasilkan produk hortikultura yang bermutu prima dibutuhkan benih bermutu tinggi, yaitu benih yang mampu mengekspresikan sifat-sifat unggul dari varietas yang diwakilinya. 

 

Mengingat pentingnya arti benih maka diperlukan upaya untuk meningkatkan produksi, memperbaiki mutu, memperbaiki distribusi, meningkatkan pengawasan peredaran dan meningkatkan penggunaan benih bermutu dalam kegiatan agribisnis hortikultura.

 

Oleh sebab itu Bidang Sarana Pertanian memberikan pelatihan kepada para penangkar di Aula Dinas Pertanian, Selasa (12/12/2022).

 

Kegiatan ini dihadiri Kasi Pengembangan SGD Abdul Basyid, Plt Kepala UPTD Balai Benih Lily Marlina, sebagai narasumber Kepala BPSB-TPH Kalsel Zainul Arifin dan para penangkar benih.

 

Zainul Arifin menjelaskan sesuai dengan tema kita ini sebenarnya kelanjutan dari Bimtek terdahulu yang sudah dilaksanakan Dinas Pertanian Kab. Banjar.

 

Pada kesempatan itu disampaikan berkaitan dengan bagaimana kita membangun sistem perbenihan tanaman hortikultura. Benih bibit merupakan komponen paling penting dalam usaha tani atau dalam budidaya tanaman pangan hortikultura. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar