Tingkatkan Kinerja Pemdes, Pemkab Banjar Bentuk Desa Berintegritas

Martapura, InfoPublik - Mendukung salah satu elemen penting suatu pembangunan daerah, membutuhkan kolaborasi seluruh stakeholder termasuk pemerintahan desa.

Hal tersebut diutarakan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman mewakili Bupati Banjar saat membuka Sosialisasi Desa Berintegritas di Hotel Rodhita Banjarbaru, Rabu (7/12/2022) pagi.

"Program pembangunan desa berintegritas merupakan sebuah strategi kolaboratif yang diharapkan efektif dalam pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan desa," ujar Hilman.

Dikatakan Hilman, untuk tahap awal pembangunan desa berintegritas dilaksanakan 20 desa, dimana satu kecamatan satu desa yang menjadi role model atau percontohan di Kabupaten Banjar yang akan didampingi dan dikawal oleh instansi terkait termasuk pengawasan langsung dari masyarakat desa itu sendiri.

Hilman menyebut pencanangan sosialisasi tersebut sekaligus dirangkai dengan momentum peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2022 dengan tema " Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi ".

Sementara Inspektur Kencana Wati berharap adanya kegiatan tour program pembangunan desa berintegritas ini akan lebih meningkatkan kinerja pemerintahan desa di Kabupaten Banjar.

" Adanya kolaborasi dari DPMD, Inspektorat, BPKP dan KPK siap mengawal 20 desa yang menjadi percontohan tersebut diharapkan dapat menularkan kepada desa desa lainnya yang ada di Kabupaten Banjar dengan menyelaraskan program KPK yakni program Desa Anti Korupsi," harap dia.

Sosialisasi yang diselenggarakan Inspektorat Banjar ini berlangsung selama dua (2) hari yakni 7-8 Desember 2022 menghadirkan narasumber dari Wakapolres M Fihim, Kepala Keasistenan Pemeriksa Pelaporan Ombudsman Benny Sanjaya dan Kejaksaan Negeri Martapura.

Kegiatan ini dihadiri Korwas Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel Mohammad Riyanto, SKPD terkait, Ketua DPC APDESI, Para Camat, Pambakal beserta pendamping lokal desa dan Para anggota Badan Permusyawaratan Desa. (MC Kominfo Kab. Banjar/Zidane/Paris)


Komentar