Perkuat Koordinasi, BPBD Tingkatkan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik – Kabupaten Banjar juga termasuk kedalam RING 1 daerah rawan kebakaran hutan dan lahan dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan bandara. Tidak hanya kebakaran hutan dan lahan saja yang mengintai Kabupaten Banjar, ada juga bencana lain yang kerap terjadi seperti puting beliung, tanah longsor dan juga banjir. setiap tahunnya Kabupaten Banjar juga diancan dengan bencana banjir.

 

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan serta membangun komitmen bersama antar stakeholder dalam penanggulangan bencana. BPBD Kabupaten Banjar melalui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan dan PT Itnasindo Jaya Konsultan gelar Lokakarya Penyusunan Dokumen Rencana Kontigensi Bencana Banjir dan Bencana Karhutla Kabupaten Banjar, 22 s.d 25 November 2022 bertempat di Hotel Roditha Banjarbaru, Selasa (22/11/2022).

 

Adapun fungsi Rencana kontingensi itu sendiri dibuat untuk membantu mengkoordinasikan lembaga, organisasi, dan perorangan untuk memberikan respon yang cepat, tepat, efektif dan efisien, terpadu dan akuntablel pada saat terjadinya seuatu bencana. 

 

Diharapkan dengan adanya Dokumen Rencana Kontigensi Bencana Banjir dan Bencana Karhutla maka dapat menjadi dasar acuan dalam rangka pelaksanaan kedaruratan bencana Banjir dan Karhutla di Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar