Dinkes Gelar Pertemuan Aspak Puskesmas se Kab. Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Gelar Pertemuan Aplikasi Sarana, Prasarana, dan Alat Kesehatan (Aspak) Puskesmas Se Kab. Banjar dan UPT. Labkesda Kab. Banjar dan Gelar Pertemuan Perencanaan Pembangunan Tingkat Puskesmas Tahun 2022, dari tanggal 21 dan 22 November 2022, di Hotel Fave Hotel Banjarbaru.

Dimana di dalam kegiatan pertemuan ini di hadiri oleh Kepala UPT. Puskesmas atau yang mewakili Se Kabupaten Banjar, serta pengelola Aspak UPT. Puskesmas dan Labkesda Kab .Banjar. Sedangkan untuk pertemuan Perencanaan Pembangunan Tingkat Puskesmas di Hadiri oleh Kepala Puskesmas dan Camat Se- Kabupaten Banjar.

Acara yang di buka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, drg. Yasna Khariana, hadir pula Kepala Bidang SDK dr. Widya Wiri Utami, MPH selaku penyelenggara acara, dan Kasi Faskes Kastolani selaku panitia Pelaksana berlangsung dengan baik dan di penuhi undangan yang hadir, adapun maksud dan tujuan dari Pelaksanaan kegiatan ini  adalah untuk pertemuan Aspak agar bisa berbagi informasi pengetahuan dan mencari solusi dari permasalahan hingga mencarikan cara strategis untuk menguatkan data ASPAK, sehingga menguatkan gambaran data ASPAK dengan kondisi real di Puskesmas dan Labkesda.Selain itu pertemuan ini juga menekankan peran pentingnya peran para operator ASPAK yang bertanggung jawab dalam mengelola Data ASPAK di Puskesmas dan Labkesada.

Selain itu pertemuan ASPAK ini di gelar karena rendahnya angka ASPAK sebagian Puskesmas, baik secara kumulatif ataupun data ASPAK untuk alat kesehatan yang berada di bawah angka angka minimal nasional menjadi perhatian karena akan berpengaruh pada usulan kebutuhan melalui dana DAK juga berpengaruh tidak langsung terhadap akreditasi Puskemas dan Labkesda. Pemateri pada pertemuan Aspak ini adalah Fahriady Ariand dari Dinas Kesehatan Provinsi Kal-Sel yang merupakan Staf Pelayanan Kesehatan Primer.

Sedangkan untuk Pertemuan Perencanaan Pembangunan Puskesmas ini di hadiri pemateri dari Dinas Kesehatan Provinsi Ka-Sel yaitu Muhammad Ali Akbar selaku Analis Perencanaan dan Evaluasi dan Pelaporan dan dari Kasubdid Pembangunan Manusia Bappedalitbang Fara Hayani. Dalam pertemuan Perencanaan Pembangunan Puskesmas ini di harapkan kepada semua UPT. Dinas Kesehatan dan dari pihak Kecamatan mampu memberikan masukan, kritikan yang membangun terhadap kondisi terkini situasi pembangunan kesehatan di Kabupaten Banjar. Segala bentuk masukan dan saran serta kritikan yang bersifat membangun sangat di harapkan dalam pertemuan ini,  karena akan sangat di harapkan akan ada keputusan atau kebijakan yang di ambil mampu berdampak secara signifikan terhadap indikator Kinerja Utama pada Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar pada umumnya dan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Banjar pada khususnya.

Dana dari pertemuan ini bersumber dari dana Pada DPA APBD Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Tahun 2022. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar