DKUMPP Banjar Lakukan Pemetaan dan Pemutakhiran Data IKM di Sungai Tabuk

Martapura, InfoPublik - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar lakukan pendataan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang berada di wilayah Kecamatan Sungai Tabuk, Rabu (16/11/2022).

Kegiatan ini dipimpin Kasi Pengelolaan Sistem Informasi Industri dari Bidang Perindustrian Zairina Fitriani beserta staf DKUMPP.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendata, mengetahui jumlah pelaku dan macam usaha IKM yang ada di wilayah tersebut yang nantinya akan menjadi database IKM di Kabupaten Banjar," jelas Zairina

Selain tujuan tersebut, Zairina mengatakan nantinya akan dapat diketahui pula jumlah dan macam usaha yang digeluti oleh pelaku IKM yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai acuan pembuatan program kegiatan serta sekaligus sebagai wadah untuk memberdayakan keahlian yang dimiliki oleh masyarakat.

Dijelaskan oleh Sarjana Lulusan Teknik Informatika ini bahwa pada proses pendataan yang telah dilakukan di wilayah Kecamatan Sungai Tabuk, khususnya untuk Desa Sungai Lulut, Desa Sungai Bakung, dan Desa Sungai Pinang Lama, para pendata IKM menemui hal yang menarik yaitu terdapat beberapa pelaku IKM yang bergerak di industri barang anyaman, pembuatan kain sasirangan dengan warna alam dan pembuatan perahu. 

Salah satu pelaku IKM yang ditemui di desa Sungai Pinang Lama Kec. Sungai Tabuk, Hairuni, mengatakan bahwa dia memproduksi perahu yang juga biasa disebut "Jukung" oleh masyarakat setempat.

Hairuni menjelaskan pembuatan satu buah jukung membutuhkan waktu sekitar 10 hari dengan biaya sekitar 2-3 juta. 

"Dalam satu bulan mungkin hanya ada satu pesanan membuat jukung ini, dan 2 - 3 bulan kemudian baru ada pesanan lagi," ungkap Hairuni

Jika menilik dari database yang telah dikelola jumlah IKM cenderung menurun dikarenakan regenerasi yang melambat serta kurangnya usaha pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku IKM.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Kabid Perindustrian, Lily Agustriana mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pendataan ini diharapkan mampu mengakomodir pembinaan yang lebih intensif serta memberikan inovasi – inovasi untuk menumbuhkan pelaku IKM di segala sektor industri. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar