Disnakertrans Banjar Gelar Sosialisasi di SMK Mempersiapkan Lulusan Yang Handal

Martapura, InfoPublik - Terjadi pergejolakan tingkat pengangguran di Tahun 2020 -2021 di Kalimantan Selatan, yang dikarenakan pandemi Covid-19 menyebabkan perusahaan banyak mem-PHK karyawannya.

Untuk itulah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar menyelenggarakan sosialisasi guna mempersiapkan siswa yang hendak bekerja setelah lulus dari sekolah, Rabu (9/11/2022).

Acara ini bertajuk Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Bursa Kerja dan Penyuluhan Bimbingan Jabatan yang bertempat di SMKN dengan Narasumber dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan Wahyudin Noor.

"Permasalahan ketenagakerjaan saat ini ialah penyediaan lapangan kerja lebih sedikit daripada pencari kerja," ujar Wahyudin Noor.

Ditambahkan Wahyudin pada masa pandemi banyak sekolah yang meluluskan siswanya, dan perusahaan banyak melakukan PHK sehingga ada ketimpangan demand dan supply. 

"Siswa yang masih sekolah diharapkan memaksimalkan apa yang telah diajarkan oleh guru agar keahlian yang nantinya didapatkan tidak hanya sekedar cukup tetapi harus lebih," harap dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Disnakertrans)


Komentar