Pustakawan Dispersip Banjar Sosialisasikan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Desa di Balangan

Martapura, InfoPublik - Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar, Rokhmah menjadi salah satu narasumber kegiatan sosialisasi pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan yang bertempat di aula Inspektorat Kabupaten Balangan, Selasa (1/11/2022)

Adapun peserta kegiatan sosialisasi ini ada 25 orang terdiri dari pustakawan/pengelola perpustakaan SD sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat dan pustakawan/pengelola perpustakaan desa/kelurahan.

Dalam kegiatan ini, Rokhmah sebagai narasumber memberikan materi tentang Pengelolaan Bahan Pustaka. Materi ini menjelaskan tentang bagaimana buku di proses terlebih dahulu sebelum dilayankan dan bisa di pinjam oleh pemustaka (pengunjung) perpustakaan.

Buku yang datang di perpustakaan sebaiknya di cek terlebih dahulu sebelum diproses, untuk mengetahui kebenaran buku yang dipesannya, baru bisa di inventaris untuk mengetahui ada berapa jumlah judul buku, eksemplar, buku yang berbahasa Indonesia, berbahasa asing, perolehannya dari mana, apakah dari membeli, hadiah, hibah, titipan dan sebagainya. 

Selanjutnya buku bisa di buatkan kelengkapannya antara lain call number (nomor panggil), slip tanggal kembali, kartu buku dan kantong buku, kemudian bisa di  entry ke komputer apabila perpustakaan sudah menggunakan aplikasi otomasi dan yang terakhir menyampul dan menata buku tersebut di rak siap untuk dilayankan.(IP. Kab. Banjar/Brigade/Dispersip)


Komentar