Pemerintah Kecamatan Gambut Terus Lakukan Pembinaan Pemerintahan Desa di Wilayahnya

Gambut, InfoPublik - Tim Pembinaan Pemerintahan Desa Kecamatan Gambut, kembali melakukan Kunjungan ke Desa Malintang yang merupakan Desa ke-6 yang dikunjungi, Kamis (3/11/2022).

Kunjungan dalam rangka monitoring, pembinaan dan evaluasi ini merupakan implementasi dari berbagai Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya terhadap Pambakal, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang menghadirkan berbagai Narasumber baik Pejabat dari Dinas PMD maupun Tenaga Ahli dari Kabupaten Banjar.

Lebih jauh disampaikan Kasi Pemerintahan selaku Sekretaris Tim Syahrani dalam kata pengantarnya, menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kunjungan keenam ini adalah Desa Malintang.

Kunjungan kembali dipimpin  Ketua Tim yang juga Sekcam Gambut H. Zakaria yang dihadiri Pambakal H. Hamidan Noor Sekdes H. Muchlis Saidi dan  Perangkat Desa lainnnya dan Ketua BPD Anang Indra serta seluruh Anggota BPD.

Sambutan diawali oleh Pambakal Malintang yang mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Tim yang berkenan melakukan pembinaan sekaligus diharapkan ikut menata tertibkan administrasi desa serta meningkatkan kapasitas Perangkat Desa. Selain itu,  juga disampaikan mengenai kemajuan yang dicapai Desa Malintang diantaranya Desa Malintang naik peringkat dari Desa Maju menjadi Desa Mandiri, berupaya untuk terus menggali potensi Desa hingga tidak terlalu bersandar pada Anggaran dari Pemerintah, selalu berusaha untuk meningkatkan layanan terhadap masyarakat melalui Sistem Informasi Desa (SID) berbasis teknologi yg bisa langsung diakses masyarakat  dengan Web : www.desamalintang.com dan IG : Official_dsmalintang, namun demikian masih tetap minta dukungan dan binaan baik dari Pemerintah Kecamatan Gambut maupun Pemerintah Kabupaten Banjar.

Hadir sekaligus memberikan sambutan Kanit Binmas I Ketut Sukarta mewakili Kapolsek Gambut bahwa pihak Kepolisian selalu mendukung program Kecamatan dan Desa, agar buku-buku administrasi Pemerintahan Desa dapat dikerjakan dengan baik, agar tidak  terjadi salah guna anggaran maka diperlukan semua pekerjaan sesuai aturan yang berlaku, saat sekarang digelar Operasi Binswaspada untuk menanggulangi radikalisme dan terorisme, juga diharapkan keberadaan Bhabinkamtibmas dimanfaatkan secara optimal dalam membantu menyukseskan program desa.

Babinsa mewakili Danramil 1006-08 Gambut menambahkan, bahwa pihak TNI siap mendukung dan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Gambut, Polsek Gambut, Desa Malintang dan semua elemen masyarakat untuk mewujudkan program yang ada. Selain itu, beliau juga berpesan bahwa sekarang lagi musim pancaroba dan marak kasus demam berdarah hingga masyarakat perlu melakukan pembersihan lingkungan dan menjalankan pola hidup sehat.

Sedangkan Sekcam Gambut selaku Ketua Tim H. Zakaria, menyampaikan bahwa Monitoring, Pembinaan dan Evaluasi ini sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan bersama dalam rangka perbaikan dan peningkatan Kecamatan Gambut ke depan dengan fokus Harmonisasi hubungan antara Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, Buku Administrasi Pemerintahan Desa (27 buku), Administrasi BPD berupa Struktur Organisasi, Tata Tertib BPD dan Buku Administrasi (15 buku),  Pelaksanaan Pembangunan Fisik berikut penyelesaian Administrasi Keuangannya,  Dalam membuat perencanaan agar dipisahkan antara kewenangan Desa dan bukan kewenangan Desa, Data data terkait Kesejahteraan Sosial seperti Penerima BLT, PKH dan lainnya sesuai kewenangan Desa, Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat  seperti eksistensi dan kiprah  Kepala Lingkungan, Ketua RT dan Linmas  Desa.

Hasil evaluasi dari kunjungan ini didapatkan bahwa sebagian besar yang menjadi fokus terkait Administrasi Pemerintahan Desa maupun BPD yg disebutkan di atas sudah dimiliki dan hampir semua dapat dikerjakan dengan baik oleh Pemerintahan Desa Malintang.

Hingga Tim patut memberikan apresiasi positif terhadap Pemerintahan Desa Malintang hingga dapat menatap dan melangkah ke depan dengan baik dengan berbagai langkah-langkah terobosan.

Selain itu, kegiatan Monitoring, Pembinaan dan Evaluasi oleh Tim Kecamatan Gambut terhadap Pemerintahan Desa mendapat apresiasi positif dari Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar sebut Ketua Tim.

Tim juga bekerja sama bahkan didukung penuh para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa di bawah kepemimpinan Ibu Iswara Wahyuni.

Pada bagian akhir ditegaskan Kasi Pemerintahan Kecamatan Gambut, bahwa di Tahun Anggaran 2023 dilakukan pengembangan dan pengkhususan kegiatan yg lebih difokuskan pada Peningkatan kapasitas Sumberdaya Manusia baik Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, Sistem Pengelolaan dan Pelaporan  Keuangan Desa dan Penatausahaan Aset Desa.

Menutup kegiatan kunjungan disampaikan arahan oleh Camat Gambut Ahmad Fauzan selaku Pembina Tim, terkait beberapa hal diantaranya Apresiasi dan ucapan selamat disampaikan kepada Pemerintahan Desa Malintang yang memperoleh hasil evaluasi yang luar biasa dan nyaris sempurna, namun jangan berpuas diri dengan hasil tersebut tapi dijadikan pemacu sekaligus pemicu untuk melakukan yang terbaik, selalu berupaya untuk melakukan pengembangan desa melalui berbagai inovasi, BUMDES yang dikelola juga berjalan baik hingga Studi Tiru yg pernah dilakukan ke Desa Ponggok dapat diimplementasi di Desa sesuai karakteristik dan potensi desa yang dimiliki, agar desa bisa berkembang, maju dan mandiri diperlukan perubahan mindset semua pihak sampai elemen masyarakat harapnya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar