Dinkes Banjar Laksanakan Bimtek Program PTM dan Kader Posbindu

Martapura, InfoPublik - Tim dari Bidang  P2P Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa) Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan bimbingan teknis yang diawali dengan bimbingan teknis program penyakit tidak menular di UPT Puskesmas Astambul Posbindu Desa Tambangan, Rabu (2/11/2022).

Kegiatan ini mencakup pelayanan kesehatan usia produktif, pelayanan kesehatan penderita hipertensi, pelayanan kesehatan penderita diabetes melitus, pelayanan kesehatan orang dengan gangguan jiwa berat (ODGJ) serta pelaksanaan Pandu PTM di Puskesmas. 

Dalam hal ini didapatkan kendala berupa kekurangan petugas input data dan belum maksimalnya pelaksanaan sosialisasi KTR.

Selanjutnya tim bergerak menuju Posbindu PTM Desa Tambangan. Kepala Seksi P2PTM dan Keswa Candra Galuh Tri Ardiani mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan posbindu hari ini sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat walaupun mekanisme pelayanan belum berjalan secara optimal. 

Ia beserta staf juga memberikan arahan tentang teknis pelaksanaan yang sesuai dengan standar pelayanan Posbindu PTM dan pentingnya pemeriksaan IVA untuk pencegahan Penyakit kanker leher Rahim (serviks) dan mengimbau agar rutin memeriksakan diri setiap tahun sehingga para kader dapat menjadi contoh (Role Model) bagi masyarakat desa tersebut.

Bimbingan teknis dilanjutkan dengan kunjungan rumah penderita hipertensi, diabetes melitus dan orang dengan gangguan jiwa berat (ODGJ Berat) untuk melihat dan menganalisa, bagaimanakah pelayanan kesehatan yang diberikan, apakah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan standar.  

Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini, untuk selanjutnya diharapkan kegiatan Program Penyakit Tidak Menular di Puskesmas, Pelayanan Kesehatan di Posbindu PTM Desa Tambangan ini dapat terlaksana dengan baik dan optimal demi terwujudnya pelayanan Kesehatan yang terjangkau dan derajat Kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerja UPT Puskesmas Astambul.

Kegiatan ini bertujuan Untuk menganalisa apakah  kegiatan program penyakit tidak menular ( pelayanan Kesehatan usia produktif, pelayanan kesehatan penderita hipertensi, pelayanan Kesehatan penderita diabetes melitus dan pelayanan Kesehatan orang dengan gangguan jiwa berat), pelaksanaan PANDU PTM dan kegiatan pelayanan kesehatan di Posbindu PTM Desa Tambangan sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan rencana awal (input, proses, output dan inovasi) yang disusun, kemudian juga untuk melakukan bimbingan kepada kader mengenai teknis pelaksanaan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular). (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar