Peningkatan Peran Aktif Keluarga Mencegah Peredaran Narkotika Gencar Disosialisasikan

Martapura, InfoPublik - Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar menggelar  Sosialisasi  Peningkatan Peran Aktif Keluarga dalam Mencegah Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, bertempat di Aula Kecamatan Karang Intan. Kamis (27/10/2022).

Acara dibuka Kepala Bakesbangpol Kab. Banjar Safrin Noor dengan menghadirkan  Narasumber Camat karang Intan Muhammad Ilmi,  Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNN Provinsi Kal-Sel Suharjono, Satres Narkoba Polres Banjar Iptu. Junaidi, dengan mengundang peserta dari  Tokoh Agama, Kepala Desa, PKK Kecamatan Karang Intan, dan Masyarakat.

Kepala Bakesbangpol dalam sambutan pembukaan berharap sosialisasi ini peserta dapat mengetahui informasi yang komprehensif dan valid dari narasumber terkait P4GN. 

“Mudah-mudahan nanti kita dapat memahami, meningkatkan, mengetahui, dan mewaspadai bahwa perang kita terhadap narkoba itu luar biasa, tidak hanya terkait dengan kita yang dewasa namun putra putri kita yang rentan terhadap penyebarannya,” ucap dia.

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. Narkoba bukan penyakit kronis tapi merupakan mesin pembunuh massal karena merusak manusia terutama fungsi kerja otak, fisik, dan emosi.

Dijelaskannya, Orang walaupun dengan pemaksaan dan ancaman atau bujuk rayu untuk menggunakan narkoba sebenarnya ia menyadari sehingga disebut sukarela. Namun, semakin sering menggunakan narkoba, orang itu tidak lagi sadar bahwa otaknya sudah rusak karena keharusan dia memakai narkoba adalah kebutuhan tubuhnya.

“Oleh karena itu, mari untuk kita semua dapat melakukan langkah-langkah pencegahan dengan berpartisipasi dalam langkah pencegahan sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi muda dalam hal melaporkan kepada Satuan Narkoba Polres Banjar jika ada sanak saudara yang telah terjerumus ke dalam Narkotika sehingga dapat dilakukan Rehabilitasi Narkotika terhadap Korban Penyalahgunaan Narkotika," tegas Iptu Junaidi. (IP Kab. Banjar/Brigade/Yati/Kesbangpol)


Komentar