Verifikasi Lapangan Lomba Sekolah/Madrasah Sehat Berbasis Stratifikasi Kalsel Tahun 2022

Martapura, InfoPublik - Tim penilai Lomba Sekolah/Madrasah Berbasis Stratifikasi Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan melakukan verifikasi lapangan di SMPN 3 Martapura dan MAN 4 Banjar sebagai perwakilan Kabupaten Banjar, Selasa (25/10/2022).

Menindaklanjuti hasil presentasi sekolah/madrasah melalui daring yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Tim penilai lomba yang berhadir pada kesempatan ini yakni dari Tim Pembina UKS/M Provinsi Kalimantan Selatan yakni dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalsel, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalsel, Dinas Kesehatan Prov. Kalsel dan Kantor Kementerian Agama Prov. Kalsel dan tentunya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar sebagai pendamping kegiatan.

Abdul Basit selaku ketua Tim Penilai Lomba Sekolah/Madrasah Sehat menyampaikan bahwa penilaian tahun ini berdasarkan stratifikasi sekolah/madrasah dengan tetap menerapkan Trias UKS plus yakni Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Pembinaan Lingkungan Sehat, serta Manajemen UKS/M di Sekolah/Madrasah. 

"Kami datang untuk melihat secara langsung hasil presentasi profil UKS/M sekolah/madrasah yang sebelumnya disampaikan secara daring pada 28 September lalu" jelas Basit.

Menurutnya juga, meraih gelar juara bukanlah tujuan utama diadakannya LSS. Diharapkannya, kegiatan akan membentuk karakter siswa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada kehidupan sehari-hari, serta kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis bagi peserta didik di Sekolah/Madrasah.

Tim penilai didampingi oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Banjar pa Agus Suprantio, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Banjar, Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kab. Banjar, Kepala Seksi Kurikulum, Penilaian Peserta Didik SMP Dinas Pendidikan Kab. Banjar, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kecamatan Martapura serta Kepala UPT  Puskesmas Martapura 1. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar