Rakor Program dan Kegiatan Kelurahan se-Kabupaten Banjar 2022

Martapura, InfoPublik - Bappedalitbang Kabupaten Banjar menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program dan Kegiatan pada Kelurahan tahun anggaran 2022, di Aula Baiman Lantai III Bappedalitbang, Rabu (12/10/2022).

Dipimpin Sekretaris Bappedalitbang dan dihadiri oleh  seluruh Lurah dan Sekretaris Lurah se Kabupaten Banjar serta 4 (empat) Kasubag Perencanaan dan Keuangan Kecamatan yang membawahi Kelurahan.

Tujuan mengadakan rakor untuk melaksanakan koordinasi terhadap pelaksanaan Program Kegiatan lingkup Kelurahan tahun anggaran 2022.

Kepala Sub Bidang Inovasi dan Teknologi Bidang Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Nurul Inayati menyampaikan mengenai Inovasi yang ada di Kabupaten Banjar dalam di Tahun 2021 s.d 2022 ada sebanyak 27 Inovasi namun hanya 18 inovasi yang bisa terkirim ke Kementrian Dalam Negeri dikarenakan belum memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. 

Selain itu juga disampaikannya bahwa Kelurahan di wilayah Kabupaten Banjar yang sudah mendaftarkan inovasinya dan sudah mendapatkan sertifikat hanya 1 (satu) kelurahan yaitu Kelurahan Mandarsari. 

Nurul mengharapkan bagi perangkat daerah untuk menyampaikan dan mendaftarkan gagasan inovasi yang ada di wilayah Kelurahan dan Kecamatan serta diharapkan inovasi dimaksud  menjadi faktor yang bisa memudahkan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dan dapat memperdayakan produk-produk unggulan serta meningkatkan ekonomi masyarakat di setiap Kelurahan dan Desa di wilayah Kecamatan.

Kepala Sub Bidang Pemerintahan Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Rusdian Noor menyampaikan mengenai Pohon Kinerja Kelurahan dengan indikator IKM sebagai IKU Lurah dan hubungan dengan indikator kinerja di seluruh Perangkat Kelurahan, serta mengenai review  APIP untuk Rencana Kerja Anggaran Tahun Anggaran 2023 pada aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah dengan menu penganggaran yang harus segera ditindak lanjuti.

Kepala Sub Bidang Pengendalian Evaluasi dan Pelaporan Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Fariha Riska Yumita menyampaikan mengenai progres entry data yang telah dilakukan oleh operator di Kelurahan pada Sistem Monitoring Pengendalian dan Evaluasi (SIMONDALEV) yang mana masih terdapat beberapa Kelurahan dan Kecamatan di lingkup Kabupaten Banjar yang belum melakukan updating data pada SIMONDALEV yang seharusnya paling lambat tanggal 10 dilakukan setiap bulannya. (IP Kab. Banjar/Brigade Bappedalitbang)


Komentar