Pelatihan Arguci di Dekranasda Banjar

Martapura, InfoPublik - Kabupaten Banjar banyak mempunyai komoditi unggulan salah satunya ialah kerajinan Arguci, kerajinan Arguci sering digunakan untuk tas, pelaminan, hiasan dinding, busana pengantin, dompet, kotak tisu, aksesoris gantungan kunci dan masih banyak lagi. 

Inilah yang menjadi alasan bagi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar untuk menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Berdasarkan Unit Kompetensi Jurusan Arguci yang dilaksanakan dari 21 sampai 26 September 2022 di Dekranasda Kabupaten Banjar.

Pemateri yang hadir dalam pelatihan ini dari LPK Dahlia, Hj. Wahidah sebagai Instruktur diikuti peserta 15 orang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Banjar. Pemateri pun tidak hanya memberikan teori, tetapi juga praktik langsung sebagai cara pembuktian berhasil atau tidaknya teori yang telah dipelajari oleh peserta.

Dengan harapan diadakannya kegiatan pelatihan ini semakin meningkatkan keahlian serta kreativitas peserta untuk lebih menghasilkan Arguci yang bisa bersaing dengan pengrajin yang lain sehingga secara langsung maupun tidak langsung mampu meningkatkan perekonomian keluarga menjadi lebih baik, memberikan pengetahuan dan menambah wawasan kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah dan meningkatkan kemampuan SDM pengrajin Arguci, dan terus beregenerasi. (IP Kab. Banjar/Brigade Disnakertrans)


Komentar