Penguatan Kerukunan Umat Beragama di Kecamatan Kertak Hanyar

Kertak hanyar, InfoPublik - Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama di Kecamatan Kertak Hanyar yang difasilitasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banjar mendapat apresiasi yang luar biasa dari peserta, Rabu (14/9/2022).


Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kertak Hanyar II ini diikuti unsur-unsur keagamaan yang berada di Kertak Hanyar, adapun narasumber kegiatan ini selain dari Kepala Badan Kesbangpol Safrin Noor, juga diisi oleh pemateri dari Forum Kerukunan Umat Beragama Kecamatan Kertak Hanyar Pendeta James Mantiri.


Menurut Safrin bahwa kerukunan umat beragama merupakan potensi untuk penguatan ekonomi, persatuan dan kesatuan terlebih pada tahun 2024 bangsa Indonesia akan menghadapi pesta rakyat yaitu pemilihan presiden, legislatif serta kepala daerah kerukunan umat beragama yang sudah terjalin ini khususnya di wilayah Kecamatan Kertak Hanyar akan menjamin kesuksesan pesta rakyat tersebut,.


Sementara itu, Pendeta James Mantiri menyampaikan bahwa selama mengemban tugas melaksanakan pelayanan kepada warga Kristiani di Kertak Hanyar tidak pernah sekalipun mendapat gangguan dan hambatan bahkan kegiatan peribadatan rutin/ mingguan serta Natal selalu didukung oleh Pemerintah Kecamatan Kertak Hanyar serta unsur TNI/Polri.


"Kami sampaikan kuatnya toleransi beragama di Kertak Hanyar khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya untuk dicontoh oleh keluarga besar kami yang berada di Sulawesi Utara," ujar dia.


Pada kesempatan ini juga perwakilan peserta Aini yang sudah berdomisili di Desa Kertak Hanyar II sejak tahun 1976 menyampaikan informasi bahwa sampai sekarang pun dalam melaksanakan kegiatan ibadah sangat nyaman bahkan para tetangga turut serta membantu bila saya mengadakan kumpul keluarga besar sesama agama kami di rumah, toleransi di komplek tempat kami tinggal sangat luar biasa. (IP Kab. Banjar/Brigade Kertak Hanyar/hagni)


Komentar