DKUMPP Memastikan Peran Penting Rumah Kemasan Banjar Bagi IKM/UMKM

Martapura, InfoPublik - Berdiri dan diresmikan oleh Bupati Banjar di penghujung tahun 2016, Rumah Kemasan Banjar (RKB) adalah wadah/tempat pelayanan aparat Pemkab Banjar untuk membantu membuat desain dan memperbaiki kemasan produk Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Rumah Tangga (IRT) yang ada di wilayah Kabupaten Banjar dalam meningkatkan daya saing produk.

Tempat yang berada di bawah Bidang Perindustrian DKUMPP Kab. Banjar ini melakukan pelayanan secara gratis di setiap hari kerja bagi pelaku usaha produk pangan maupun kerajinan.

Kepala DKUMPP Banjar, I Gusti Made Suryawati di sela-sela kegiatan pembinaannya ke RKB, Kamis (8/9/2022) mengatakan Rumah Kemasan Banjar ini adalah untuk memfasilitasi pelaku IKM/ UMKM di Kab. Banjar untuk meningkatkan kemasan produk (packaging) agar lebih menarik dan sesuai standar.

"Sehingga produk UMKM bisa masuk di pasar luas baik secara offline maupun online, juga supaya bisa masuk ritel modern untuk meningkatkan pendapatan sehingga dapat mensejahterakan masyarakat khususnya pelaku IKM/ UMKM di Kabupaten Banjar," ujar Made.

Pembinaan di RKB  ini didampingi oleh Kabid Perindustrian, Lily Agustriana dan Kepala Seksi Pengendalian Izin Usaha Industri, Gafilusi Gafar.

Ditanya tentang tujuan pembinaan tersebut, Lily Agustriana mengatakan bahwa pembinaan ke RKB bertujuan untuk evaluasi kemampuan operasional RKB dalam pelayanannya membantu  pelaku IKM/UMKM yg ingin membuat maupun memperbaiki kemasan produknya.

"Selain mengevaluasi sarana prasarana (fasilitas peralatan dan perlengkapan yang ada di
RKB, juga dilakukan pembinaan terhadap para aparat/staf yang bertugas di sana," ucap dia.

Dijelaskannya, Perlu diketahui bahwa dari data yang RKB catat dalam buku pelayanan, para petugas sudah memfasilitasi 47 pelaku IKM/UMKM di Kab. Banjar yang ingin membuat atau meningkatkan kemasan produknya sejak bulan Januari s.d Agustus 2022.

Menurut Gusti Rofiq, staf di RKB, setiap hari tak kurang dari 5 orang IKM /UMKM datang berkonsultasi dan meminta desainkan kemasan produk usahanya. Dan tidak jarang mereka akan datang lagi apabila mereka ingin menambah jenis produk mereka sehingga harus berkonsultasi untuk rencana kemasannya

Lanjutnya, I Gusti Made Suryawati berharap pula kepada para petugas di RKB agar lebih rajin, disiplin dan semangat dalam bekerja dan meningkatkan lagi kinerja mereka dalam melayani masyarakat Kab. Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade DKUMPP)


Komentar