Puskesos Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Martapura, Infopublik – Dinas Sosial Kabupaten Banjar melaksanakan Sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan program Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generition (SIKS - NG) yang diikuti Lurah, Kepala Desa dan Petugas Operator se Kecamatan Gambut di Aula Kecamatan Gambut, Kamis, 05/11/2020.

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banjar Drs. H. Ahmadi, M.AP dalam arahannya menyampaikan semua bantuan sosial harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sementara banyak permasalahan dimasyarakat tentang data yang ada dan data itu sifatnya statis.

 

Oleh sebab itu, yang pertama kita harus menyamakan persepsi bahwa data itu harus diperbaharui menuju data yang akurat dan aktual,  untuk menjembatani ini maka dibentuk Pusat Kesejahterasn Sosial (Puskesos) didesa/kelurahan. Puskesos ini lebih dekat dengan masyarakatnya untuk menerima laporan, pengaduan dan usulan dari masyarakat,” Tambahnya.

 

Sistem ini digunakan secara online dan dapat diakses oleh Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten/ kota seluruh Indonesia. Pelaporan pendaftaran atau perubahan data dilakukan secara berjenjang dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/ Kota, Provinsi sampai pada Kementerian Sosial.

 

Sekretaris Camat Gambut H. Zakaria, S.Sos mengharapkan kepada peserta benar-benar memperhatikan arahan dari Kepala Dinas Sosial dan penyampaian narasumber.

 

Sosialisasi ini dihadiri Kasi Rehabilitasi Sosial Bapak Aswadi, Kasi Identifikasi Penataan Lingkungan dan Penguatan Kafasitas Fakir - Miskin ibu Gusti Khairiah, S.Sos, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Gambut ibu Maria Ulfah. (McBanjarkab/Khairudin-Gambut/Hendy)


Komentar