Penguatan Forkopimcam Sebagai Pengawas Pilkades 2022

Martapura, InfoPublik - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar melaksanakan Sosialisasi Penguatan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FORKOPIMCAM) dengan Tema “ Forkopimcam Sebagai Pengawas Pilkades”  bertempat di Aula Kecamatan Martapura Timur, Selasa (23/8/2022)


Acara dibuka Camat Martapura Timur Guslan, Kepala Bakesbangpol Kab. Banjar Safrin Noor dengan menghadirkan Narasumber dari  Kapolsek Martapura Timur,  IPDA Aulia Safi’I, Komando Rayon Militer Martapura Peltu khairi dengan mengundang peserta, Pembakal, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), masyarakat Desa, dan panitia.


Guslan menyampaikan selamat datang bagi peserta yang berhadir dalam acara sosialisasi Penguatan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FORKOPIMCAM), para peserta dapat memahami aturan-aturan terkait pilkades.


"Para peserta  harus ikut mensukseskan pelaksanaan pilkades serentak nanti, baik sebelum pemilihan, saat pemilihan, dan pasca pemilihan, dan akan melaksanakan Pilkades serentak di 26 desa, teknis dan pemilihan harus dengan peraturan yang sudah mendasari undang-undang," imbau dia.


Kepala Badan Kesbangpol Safrin Noor, menyampaikan Kegiatan ini bertujuan Pentingnya penguatan Forkopimcam dalam pengawasan Pilkades serentak menjadi bagian yang menjaga kestabilan sebuah wilayah. Deteksi dini terhadap problem-problem sosial memang secara khusus menjadi kewenangan dari instansi terkait, tetapi pertanggung jawaban pertama berada pada Bupati Banjar.


“Diharapkan kepada seluruh undangan yang hadir dapat berkomitmen,  bagaimana konflik sosial menjelang Pilkades serentak akan datang yang ada di wilayah Kecamatan harus bisa ditekan sedemikian rupa agar tidak memunculkan problem-problem sosial, sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga," jelas dia.


Ipda Aulia Safi’i menyampaikan peran Polri dalam Pilkades secara serentak 2022, Polri sangat berperan dalam pelaksanaan Pilkades karena tugas Polri berkaitan dengan keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman merupakan salah satu prasyarat terselenggaranya proses Pembangunan Nasional. 


“Pilkades serentak merupakan bagian dari cara untuk mewujudkan Pembangunan Nasional, maka Polisi Republik Indonesia tentunya dapat Menangkal, Mencegah dan Menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat dalam proses berjalanya Pilkades serentak, sekalipun Kepolisian bukan bagian dari Lembaga Penyelenggara Pilkades serentak," ucap dia.


Peltu khairi mengatakan  wawasan kebangsaan acuannya ada dalam 4 Pilar pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI, Negara yang sekarang berdiri ini merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi terbentuknya negara indonesia untuk itu menjaga kedaulatan dan keutuhan nkri merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai generasi penerus bangsa.


Negara yang sekarang berdiri ini merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi terbentuknya negara indonesia.   untuk itu menjaga kedaulatan dan keutuhan nkri merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai generasi penerus bangsa. (IP Kab. Banjar/Brigade Kesbangpol)


Komentar