Gambut Ikut Serta Rekonsiliasi Pajak se-Kabupaten Banjar

Gambut, InfoPublik - Kecamatan Gambut ikut serta Kegiatan Rekonsiliasi Pajak dan Sosialisasi PMK 59/PMK.03/2022 di Aula Barakat Martapura. Senin, (1/8/2022).


Sebanyak 47 instansi se-Kabupaten Banjar mengikuti kegiatan tersebut yang diadakan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar bersinergi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banjarbaru.


Hadir Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Banjar Junaidi, Tim Pengawasan IV Kantor KPP Pratama Banjar Baru Bambang dan Bendahara Pengeluaran se Kabupaten Banjar.


Junaidi menyampaikan kepada peserta, Kita harus semangat sebab kita sangat dekat sekali dengan KPP Pratama Banjarbaru.


"Kita memungut pajak sesuai regulasi lalu menyetorkan ke kas daerah jangan sampai laporan tidak lengkap apalagi tidak dilaporkan. Bila tidak lengkap apalagi tidak lengkap maka rekonsiliasi pajak kita rendah," ujar dia.


Diungkapkannya, Ini ada sesuatu yang harus kita perbaiki, kita harus tertib menyampaikan laporan.


Junaidi menjelaskan Kepentingan pemerintah daerah adalah supaya nilai pajak diakui lebih besar. Kalau nilai pajak diakui lebih kecil maka nilai bagi hasil pajak daerah kita juga rendah.


"Kita tidak mau nilai bagi hasil pajak daerah kita tidak sesuai dengan nilai pajak yang kita setorkan. Kita berterima kasih kepada KPP Pratama yang bisa melakukan pertemuan dan membina kita," ucap dia.


Tim Pengawasan IV Kantor KPP Pratama Banjar Baru Bambang, mengapresiasi pertemuaan ini dan sinergi antara KPP Pratama dan Pemerintah Kabupaten Banjar yang perlu kita lanjutkan ke depan.


Dia mengharapkan memberi dampak yang signifikan terhadap laporan pemerintah Kabupaten Banjar. Penyebab belum bisa diakuinya nilai pajak dikarenakan NTPN dan nilai Rupiah tidak valid. Oleh sebab itu mari kita perbaiki secepatnya.


"Hal lain serapan belanja masih rendah dari data triwulan II Kabupaten Banjar belanja 23 % dari anggaran, untuk itu SKPD dan Kecamatan harus menggenjot belanja pada triwulan III ini," papar Bambang.


Bendahara Pengeluaran Kecamatan Gambut Hairudin menyampaikan, Kegiatan ini sangat bagus sekali dan termotivasi untuk lebih baik lagi terutama untuk tertib penyampaian laporan pajak setiap bulannya.


Dan juga mengetahui kekurangan dan hal-hal yang perlu diperbaiki. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar