Distan Banjar Gelar Rapat Koordinasi Rapat Survei Ubinan

Martapura, InfoPublik - Ubinan adalah salah satu cara memprediksi jumlah produksi padi yang masih ada di lahan melalui penentuan sampel, pengukuran dan penimbangan. 


Padi yang akan dilakukan kegiatan ubinan adalah padi yang sudah siap dipanen. Kegiatan Ubinan ini memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui. Ubinan merupakan survei yang bertujuan untuk mengetahui produktivitas (hasil per hektar) tanaman.


Dinas Pertanian melalui Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan memberikan pembekalan kepada Mantri Perkebunan di Aula Distan Banjar, Selasa (19/7/2022). 


Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pertanian Banjar, Kabid Sarana TPH, Mantri Perkebunan dan BPS Banjar.


Narasumber dari BPS Banjar Koordinator Fungsi Statistik Produksi Ir.Erly Herliadi mengatakan sudah sedemikian rupa disempurnakan kegiatannya muncul lah survey kerangka simple area yang dipelopori oleh BPS bekerjasama dengan Balai Pengkajian Penerapan Teknologi (BBPT) dengan cara peta rupa bumi Indonesia itu dibagi oleh polygon-polygon, dari polygon itu diambil simple tanaman Padi atau yang lainnya. Dari Kerangka simple area itulah yang nantinya jadi cikal bakal Ubinan. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan/Syaripuddin)


Komentar