Peningkatan Kesadaran Tertib Arsip Melalui GEMA MANIS

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan Peraturan Kepala ANRI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

Bersama ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melaksanakan Launching "GEMA MANIS" yaitu Gerakan Bersama Sadar dan Tertib Arsip  Maju, Mandiri dan Agamis, di Aula Barakat Martapura, Senin (18/7/2022)

Kegiatan diawali dengan Pemutaran Video Launching GEMA MANIS, dilanjutkan Penandatanganan Piagam Pencanangan oleh Bupati Banjar H. Saidi Mansyur didampingi Sekda Banjar HM Hilman, Kepala Disperip Banjar Hj Galuh Tantri Narindra, Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Banjar HM Aidil Basith dan Inspektur Inspektorat Banjar Kencana Wati.

Dilanjutkan penandatanganan Fakta Integritas Penyelenggaraan Kearsipan dan Penandatanganan Komitmen bersama Tertib Arsip di lingkungan Pemkab Banjar yang secara Simbolis oleh Sekretaris Daerah, Inspektorat, Kominfo.

Galuh Tantri Narindra mengatakan tujuan dilaksanakannya launching GEMA MANIS adalah bagaimana pemerintah daerah meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan.

"Memastikan seluruh perangkat daerah melaksanakan pengelolaan kearsipan berdasarkan peraturan perundangan, memastikan perangkat daerah memanfaatkan aplikasi Srikandi dalam kearsipan, tanda tangan elektronik dan korespondensi baik internal maupun secara eksternal,"jelas dia.

Tantri juga menambahkan nantinya secara bertahap pihaknya akan melakukan pendampingan kepada seluruh perangkat daerah sampai akhir jabatan Bupati Banjar serta akan memberikan reward kepada SKPD dengan pengelolaan arsip terbaik.

Kabid Kearsipan H Makmur mengatakan dengan adanya Gerakan GEMA MANIS ini di harapkan semua SKPD dalam Lingkup Pemkab Banjar semakin sadar betapa pentingnya keberadaan arsip tersebut. (IP Kab. Banjar/Brigade Dispersip)


Komentar