Distan Gelar Sosialisasi dan Pembentukan Kelembagaan UPPB di Desa Simpang Tiga

Martapura, InfoPublik - Bidang Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Kelembagaan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar Karet (UPPB) di Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar, Kamis (14/7/2022).

Kegiatan ini dihadiri Staf Pengembangan SDG, PPL dan kelompok tani.

Pembentukan kelembagaan UPPB komoditi karet ini bertujuan untuk Perbaikan Kualitas Mutu Karet serta mencoba memutus mata rantai pasar yang terlalu panjang, sehingga berdampak pada harga karet itu sendiri yang diterima oleh pekebun. 

Sehingga dengan Kelembagaan UPPB ini pekebun secara bersama-sama memproduksi bokar karet sesuai SOP yaitu bokar karet bersih dan mencoba memasarkan sendiri langsung ke pabrikan crumb rubber, dengan harapan memperoleh harga karet yang lebih baik ketimbang menjual ke pengepul karet. 

Staf Pengembangan SDG Suheni mengatakan kelembagaan UPPB ini dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38/Permentan/OT.140/8/2008 Tentang Pedoman Pengolahan dan Pemasaran Bahan Olah Karet (bokar) dan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Mutu Bahan Olah Karet alam Spesifikasi Teknis Yang Diperdagangkan. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan/Syaripuddin) 


Komentar