Nakes Teladan Banjar, Berjuang di Tingkat Provinsi Kalsel

Martapura, InfoPublik - Setelah melalui proses panjang dari tahap pengumpulan berkas, seleksi secara tertulis, wawancara di Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Jum'at (1/7/2022).

Para Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas tingkat Kabupaten Banjar yang terpilih sekarang berjuang di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Seleksi tingkat provinsi ini sedang berjalan, dari akhir juni sampai pertengahan Juli 2022 nantinya. 

Setelah melalui proses daring lewat zoom meeting akhirnya tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan turun ke lapangan, datang ke setiap Puskesmas yang ada perwakilan Nakes teladannya adapun  komponen  penilaian terdiri dari kriteria umum dan kinerja. 

Kriteria umum meliputi berakhlak dan berbudi pekerti baik, tidak sedang dalam kasus pidana/perdata dan penyalahgunaan Napza, berjasa terhadap masyarakat di wilayah kerjanya baik langsung maupun tidak langsung dan lulus seleksi yang dilakukan Tim Penilai di tingkat Kabupaten Banjar.

Sedang komponen kinerja meliputi sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, sebagai tenaga pemberdayaan masyarakat, sebagai pemberi pelayanan kesehatan strata pertama, sebagai pegawai Puskesmas (tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerja sama, prakarsa dan kepemimpinan), sebagai tenaga kesehatan profesional (keikutsertaan dalam bidang keilmuan, hubungan dengan pasien dan keluarga miskin, hubungan dengan rekan kerja), sebagai anggota masyarakat (kepribadian, peran serta dalam masyarakat, berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, berperan dalam pembinaan generasi muda dan berperan dalam organisasi kemasyarakatan.

Dari berbagai komponen penilaian di atas tentunya para Nakes teladan Kabupaten Banjar yang terpilih di harapkan mampu menjawab semua pertanyaan maupun keinginan penilaian yang di harapkan oleh tim Penilai dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan.

"Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui Bidang SDK Sumber Daya Kesehatan (SDK) Seksi Data, Informasi Kesehatan dan SDMK terus melakukan pendampingan, memberikan support/semangat bagi para Nakes nya,"ujar Kadis Kesehatan Banjar, Yasna Khairina.

Yasna berharap para Tenaga Kesehatan teladan di Puskemas mampu mengharumkan dan memberi kontribusi berupa prestasi baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional tahun 2022 ini.

Adapun Tim Penilai Dari Dinkes Kalsel terdiri dari berbagai, unsur dan profesi, beberapa tim penilai yang datang ke Puskesmas di Kabupaten Banjar (UPT. Puskemas Martapura Timur dan Martapura Barat)  adalah Muhammad Rizal, SKM, MM dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr.dr. Anna M. Afida, Sp. PK, MPH dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Wilayah Kalimantan Selatan dan drg. Mashuda ( Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Wilayah Kalimantan Selatan. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar